Hitstat

29 April 2019

Lukas - Minggu 12 Senin


Pembacaan Alkitab: Luk. 9:27-36; 2 Kor. 3:18
Doa baca: "Kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita sedang diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar." (2 Kor. 3:18).


Transformasi Dalam Jiwa Untuk Menikmati Yobel Lebih Dalam


Zaman Perjanjian Baru adalah zaman yobel. Namun, ini bukanlah waktu penerapan penuh yobel. Penerapan penuh yobel ini meliputi transfigurasi. Transfigurasi Tuhan di atas gunung itu skalanya kecil. Tetapi ketika Tuhan dibangkitkan dari antara orang mati, Dia ditransfigurasi sepenuhnya. Dia sekarang tetap berada dalam tahap transfigurasi ini. Menurut Filipi 3:21, ketika Dia datang kembali, kita semua akan ditransfigurasi.

Transformasi atau transfigurasi kita sekarang sedang terjadi di dalam jiwa kita. Roh kita telah dilahirkan kembali, dan jiwa kita sedang ditransformasi. Orang beriman yang dewasa adalah orang yang sepenuhnya ditransformasi di dalam jiwanya, yaitu ditransformasi dalam pikiran, tekad, dan emosinya. Orang beriman yang demikian hanya perlu ditransfigurasi tubuh jasmaninya pada kedatangan Penyelamat yang telah ditransfigurasi. Transfigurasi tubuh ini oleh Paulus disebut penebusan tubuh dalam Roma 8:23.

Kita perlu nampak satu prinsip dasar yaitu bahwa sekalipun kita berada dalam tahun yobel, tahun rahmat Tuhan, yang sebenarnya adalah zaman Perjanjian Baru, tetapi jika kita tetap tinggal dalam ciptaan lama, kita tidak akan memiliki bagian dalam kenikmatan terhadap yobel. Agar kita dapat menikmati yobel, Allah telah melahirkan kembali roh kita sebagai permulaan dari partisipasi kita dalam kenikmatan terhadap yobel. Keselamatan membawa pengampunan dosa dan kita dilahirkan kembali. Keselamatan membawa kita pada sukacita. Sukacita ini adalah satu tanda permulaan yobel. Kemudian kita harus maju ditransformasi dalam jiwa. Ini membutuhkan kerja sama kita dengan Tuhan dengan terus datang pada-Nya dan membiarkan firman-Nya mengganti susunan dari ciptaan lama kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 22

No comments: