Hitstat

15 July 2019

Lukas - Minggu 23 Senin


Pembacaan Alkitab: Luk. 19:28-48
Doa baca: “Setelah mengatakan semuanya itu Yesus mendahului mereka dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem.” (Luk. 19:28).


Keselamatan, Pelayanan, dan Kenikmatan Terhadap Yobel


Ministri Manusia-Penyelamat pertama-tama dilaksanakan di Galilea. Ministri ini dimulai dengan pengumuman yobel kasih karunia oleh Dia, kemudian diteruskan sampai transfigurasi-Nya. Transfigurasi Tuhan melambangkan bahwa semua pengikut-Nya perlu diubah untuk berbagian dalam kenikmatan terhadap yobel. Setelah menyelesaikan ministri-Nya di Galilea, Tuhan meninggalkan Galilea menuju Yerusalem. Dalam perjalanan-Nya, Dia berkali-kali mengajar murid-murid-Nya dan para pengikut-Nya cara mendapatkan keselamatan Allah, yaitu bagaimana menerima Kerajaan Allah yang sebenarnya adalah Manusia-Penyelamat itu sendiri, untuk masuk ke dalam kenikmatan terhadap yobel pada hari ini. Tuhan juga mengajar mereka bahwa untuk mengikut Dia dan melayani Dia, kita perlu mengatasi semua penyimpangan dan halangan supaya kita dapat mengasihi Dia sepenuhnya dan melayani Dia dengan setia.

Kenikmatan terhadap Kristus pada hari ini akan melayakkan kita untuk menikmati Dia lebih lanjut pada zaman yang akan datang. Namun, beribu-ribu dan bahkan berjuta-juta orang yang percaya kepada Tuhan dan yang telah menerima keselamatan-Nya tidak menikmati Dia. Kegagalan untuk menikmati Tuhan pada hari ini akan membuat mereka tidak dapat menikmati Dia sebagai yobel pada zaman yang akan datang. Yobel yang diumumkan Tuhan Yesus dalam Lukas 4 terdiri dari tiga tahap: Pertama, tahap kasih karunia pada zaman ini; kedua, tahap kerajaan pada zaman yang akan datang; dan ketiga, tahap Yerusalem Baru di langit baru dan bumi baru sampai kekekalan. Yobel pada zaman ini adalah satu pencicipan. Yobel pada zaman yang akan datang akan lebih penuh daripada yobel pada hari ini. Akhirnya, di dalam Yerusalem Baru kita akan menikmati yobel sampai pada tingkat paling penuh untuk selama-lamanya. Karena itu hari ini, kita perlu baik-baik menikmati Kristus dalam kehidupan gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 44

No comments: