Hitstat

18 November 2019

Yohanes - Minggu 01 Senin


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:1-13
Doa baca: “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” (Yoh. 1:4)


Hayat dan Pembangunan


Untuk memasuki Kitab Yohanes, kita perlu memiliki pandangan yang menyeluruh atas Alkitab. Alkitab meliputi dua hal yang pokok: Kristus dan gereja. Atau ditinjau dari sudut lain, hayat dan pembangunan. Kristus itulah hayat kita (Kol. 3:4), sedangkan gereja itulah pembangunan Allah.

Alkitab dimulai dari hayat dan pembangunan. Dalam Kejadian 2, setelah Tuhan menciptakan manusia, Dia menempatkan manusia dalam sebuah taman di depan pohon hayat (Kej. 2:7-9). Setelah pohon hayat disebut, disebutlah sungai yang mengalir dengan tiga benda yang berharga: emas, damar bedolah, dan batu krisopras (Kej. 2:10-12). Benda-benda berharga ini adalah untuk pembangunan Allah (Why. 21). Lalu, dalam Kejadian 2:22, kita melihat bahwa Allah mengambil sebuah tulang rusuk Adam dan memakainya untuk membangun seorang istri bagi Adam. Jadi, dalam Kejadian 2, terkandung hayat dan pembangunan.

Kitab Wahyu juga membicarakan hayat. Dalam dua pasal terakhir dari Kitab Wahyu, kita nampak pembangunan Yerusalem Baru. Di Yerusalem Baru, sungai hayat mengalir dan pohon hayat bertumbuh di sungai itu (Why. 22:1-2). Jadi, kita melihat bahwa Alkitab berakhir seperti permulaannya, yakni dengan hayat dan pembangunan.

Antara Kitab Kejadian dan Kitab Wahyu, ada celah yang lebar dan jarak yang besar. Yang menjembatani celah ini adalah Injil Yohanes. Injil Yohanes sebagai jembatan antara dua ujung Alkitab juga merupakan kitab hayat dan pembangunan. Yohanes 1:1,4 mengatakan, “Pada mulanya ada Firman… Dalam Dia ada hidup (hayat).” Pada mulanya ada Firman, Firman itulah Allah. Dalam persona ini – Firman yang adalah Allah – ada hayat. Jadi, dalam pasal 1 kita telah menjumpai hayat. Selanjutnya, dalam Yohanes 1:42, kita menemukan catatan Tuhan memberi Simon nama baru: Kefas (yang berarti batu). Batu mewahyukan pembangunan (Yoh. 1:51; Kej 28:10-22). Jadi, dalam terang ayat-ayat ini, kita bisa nampak bahwa Injil Yohanes berkaitan dengan hayat dan pembangunan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 1

No comments: