Hitstat

23 November 2019

Yohanes - Minggu 10 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:1-13
Doa baca: “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” (Yoh. 1:4)


Firman Datang sebagai Hayat dan Terang untuk Menghasilkan Anak-anak Allah


Yohanes 1:4a mengatakan, “Dalam Dia ada hidup (hayat).” Ia memang adalah hayat. Akan tetapi, sebelum Dia dapat diterima sebagai hayat, Ia terlebih dulu memerlukan wadah penampung. Maka, Ia terlebih dulu menciptakan langit, bumi, dan manusia yang mempunyai roh untuk menerima Allah. Dengan demikian, Firman itu bisa menjadi hayat dan diterima oleh manusia. Firman itu bisa menjadi hayat karena hayat ada di dalam Firman.

Firman yang adalah ekspresi dan penjelasan Allah mengandung Allah sebagai hayat kita. Ketika kita menerima Firman, kita pun menerima hayat yang terkandung di dalamnya. Firman itu adalah ekspresi Allah dan hayat itu adalah isi Allah.

Lalu, Yohanes 1:4b melanjutkan, “…dan hidup (hayat) itu adalah terang manusia.” Ketika kita menyeru nama Tuhan Yesus, menerima Dia ke dalam kita, segera kita merasakan ada sesuatu yang bercahaya di dalam kita. Itulah terang hayat. Karena hayat menyorot, maka hayat itulah terang manusia. Ayat 5 melanjutkan, “Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.” Kata “bercahaya” di sini dalam bahasa Yunani adalah kata yang sama penggunaannya dengan terang. Ini mengacu kepada menerangi dalam batin yang membawakan hayat kepada orang-orang yang menerima Firman-Nya.

Selain itu, hayat juga merupakan hak atau kausa bagi orang yang percaya untuk menjadi anak-anak Allah (Yoh. 1:12-13). Tujuan-Nya dalam melahirkan anak-anak Allah adalah untuk perkembangbiakan-Nya.

Kesimpulannya, pada mulanya ada Firman dan di dalam-Nya ada hayat. Melalui penciptaan, Ia menyediakan banyak wadah penampung. Hari ini, wadah-wadah ini telah menjadi perkembangbiakan dari Allah dan perkembangbiakan ini telah menjadi pertambahan dan ekspresi korporat Allah. Allah terekspresi sepenuhnya melalui anak-anak-Nya sebagai pertambahan dan ekspresi korporat-Nya. Inilah salah satu aspek utama yang diwahyukan Kitab Yohanes.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 2

No comments: