Hitstat

13 July 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 10 Senin


Pembacaan Alkitab: Kis. 5:17-42
Suplemen #223


Firman Hayat


Doa baca: “Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak.” (Kis. 5:20)


Ketika malaikat Tuhan menyelamatkan para rasul dari penjara, ia berkata kepada mereka, “Pergilah berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup (hayat) itu kepada orang banyak.” (ay. 20). Kita perlu memperhatikan perkataan “itu”, karena ini menunjukkan satu hayat yang khusus. Bahasa Yunani yang diterjemahkan “seluruh firman” di sini adalah rhema, yang mengacu kepada perkataan seketika, bukan perkataan tertulis yang konstan. Oleh karena itu, malaikat berkata kepada para rasul, “Pergilah. . . dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak.”

Hayat apakah yang dimaksud dengan “hayat itu”? Ini adalah hayat ilahi yang Petrus beritakan, suplaikan, dan perhidupkan. Hayat ini mengalahkan penganiayaan, ancaman, dan pemenjaraan dari pemimpin-pemimpin orang Yahudi. Perkataan ini menunjukkan bahwa hidup dan pekerjaan Petrus membuat hayat Allah begitu riil dan nyata dalam situasinya, bahkan malaikat pun melihat dan menunjukkannya.

Para rasul tidak disuruh membicarakan hayat ilahi secara doktrinal. Kita perlu mencari belas kasihan dan kasih karunia Tuhan supaya kapan saja kita membicarakan hayat ilahi, kita membicarakan firman-firman hayat yang kita perhidupkan. Ini berarti hayat ilahi itu menjadi hidup kita sehari-hari. Inilah yang harus kita suplaikan kepada orang lain.

Dalam ayat 29-31 dikatakan “Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab: Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia. Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu bunuh dengan menggantung-Nya pada kayu salib. Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah dengan tangan kanan-Nya menjadi Perintis dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.” Peninggian-Nya menobatkan Dia menjadi Perintis yang memerintah supaya Dia bisa menjadi Juruselamat.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 18

No comments: