Hitstat

20 July 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 11 Senin


Pembacaan Alkitab: Kis. 6:8-15
Kidung #356


Bersaksi bagi Allah


Doa baca: “Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.” (Kis. 6:15)


Kisah Para Rasul 6:8 mengatakan, “Stefanus, yang penuh dengan anugerah dan kuasa, mengadakan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda di antara orang banyak.” Mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda ini bukanlah bagian utama kesaksian Allah, yaitu Kristus yang menjadi daging, tersalib, bangkit, dan naik ke surga juga bukan bagian dari keselamatan sempurna Allah.

Ayat 9 membicarakan tentang sinagoga dari orang-orang merdeka yang adalah orang-orang yang bebas. Ada sejumlah sinagoga di Yerusalem yang terdiri atas orang-orang Yahudi yang kembali menurut bahasa masing-masing yang telah mereka pelajari pada waktu mereka tersebar. Kata “sinagoga” adalah bentuk serapan dari kata Yunani sunagoge, yang terdiri dari sun, bersama dan ago, membawa; jadi, ini adalah suatu perhimpun, tempat berkumpul. Kata ini digunakan dalam Perjanjian Baru untuk menunjukkan jemaat Yahudi dan tempat pertemuan mereka.

Mahkamah Agama adalah pengadilan orang-orang Yahudi yang paling tinggi, suatu badan yang terdiri atas imam-imam kepala, tua-tua, ahli hukum, dan ahli Taurat. Mahkamah Agama menghukum mati Tuhan Yesus (Mat. 26:59) dan menganiaya kaum beriman. Ini menunjukkan bahwa Yudaisme telah jatuh ke tangan musuh Allah, Iblis, dan telah dipakai olehnya untuk merusak pergerakan Allah dalam ekonomi Perjanjian Baru-Nya bagi perampungan kehendak kekal-Nya.

Ayat 15 mengatakan, “Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.” Fakta bahwa muka Stefanus seperti muka seorang malaikat menandakan penampilan surgawi. Stefanus adalah manusia di bumi, tetapi dia mengekspresikan penampilan surgawi ketika sedang dianiaya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 20

No comments: