Hitstat

16 January 2013

Efesus - Minggu 17 Rabu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:16; Kol. 1:19; 2:9


Visi ini mengungkapkan cara yang unik bagi Tuhan untuk membangun gereja-Nya. Hanya setelah kita nampak visi ini, barulah Tuhan memiliki jalan untuk meng­genapkan pembangunan gereja di bumi ini. Setelah lebih dari 19 abad sejarah kekristenan, apa yang telah diram­pungkan bagi Tuhan? Lihatlah situasi hari ini. Hampir­hampir tidak ada orang yang pernah nampak visi dalam Efesus 3 ini. Semoga Tuhan memberi kita beban untuk berdoa, “Tuhan, belas kasihani aku. Aku perlu nampak visi ini. Aku perlu nampak kepenuhan Allah dan bagai­mana hal ini terwujud. Tuhan, perlihatkanlah kepadaku susunan Tubuh ini. Tunjukkanlah kepadaku bagaimana gereja dapat tersusun secara riil.” Begitu Anda nampak visi ini, Anda akan berubah menjadi orang yang lain. Anda akan menjadi rasul dan nabi. Ke mana saja Anda pergi, Anda akan menjadi seorang utusan, dan kapan saja Anda membicarakan visi ini, Anda akan menjadi juru bicara Allah yang memberitakan Kristus bagi ekonomi Allah.

Ayat-ayat dalam Efesus 3 ini, yang bersangkutan dengan ekonomi Allah menghasilkan kepenuhan Allah. Dalam ayat-ayat ini kita nampak Allah Tritunggal. Bapa (ayat 14) menjawab dan menggenapi doa rasul melalui Roh (ayat 16), sehingga Kristus, Anak (ayat 17) dapat berumah di dalam hati kita. Jadi, kita dipenuhi kepada kepenuhan Allah Tritunggal. Inilah penyaluran Allah Tri­tunggal ke dalam seluruh diri kita, agar kita bisa menjadi ekspresi-Nya.

Menurut Efesus 3, Allah Tritunggal bukan untuk dijadikan obyek perdebatan doktrinal, melainkan untuk menyalurkan diri-Nya sendiri ke dalam kaum beriman, agar mereka dapat dipenuhi kepada kepenuhan, tidak sa­ja dari Bapa, tidak saja dari Anak, pun tidak saja dari Roh, tetapi juga dari Allah. Paulus berdoa agar Bapa me­nguatkan kita melalui Roh-Nya, agar Kristus bisa beru­mah di dalam hati kita dan olehnya menduduki manusia batiniah kita sepenuhnya sehingga kita dapat dipenuhi kepada ekspresi Allah Tritunggal. Alangkah mulia dan alangkah ajaib! Inilah ekonomi Allah, ini juga wahyu Per­janjian Baru Allah, ministri kita, dan pemulihan Tuhan.

Kita telah nampak bahwa kepenuhan Allah ialah eks­presi Allah. Berdasarkan Yohanes 1:16, kepenuhan Allah datang beserta Kristus sebagai wujud kepenuhan Allah (Kol. 2:9; 1:19). Pada Kristus, ekspresi ini bersifat indi­vidual. Karena itu, ekspresi ini perlu diperbesar, diper­luas, dari yang individual menjadi yang korporat. Gereja hari ini harus menjadi kepenuhan Allah yang korporat. Dalam gereja, Allah tidak diekspresikan melalui individual, melainkan secara korporat, melalui Tubuh, melalui kaum beriman yang telah bersama-sama dipenuhi hingga luap dengan kekayaan Kristus. Karena itu, kepenuhan Allah terwujud di dalam gereja. Sebagai wujud kepenuhan Allah, gereja ialah ekspresi Allah Tritunggal. Inilah gereja dalam pemulihan Tuhan hari ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 34

No comments: