Hitstat

28 January 2013

Efesus - Minggu 19 Senin


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:7-10


Ayat 7 mengatakan bahwa kita masing-masing telah diberikan anugerah menurut ukuran pemberian (karunia) Kristus. Di sini anugerah diberikan menurut karunia, tetapi dalam Roma 12:6, karunia-karunia berbeda-beda menurut anugerah. Anugerah sebenarnya adalah hayat ilahi yang menghasilkan dan menyuplaikan karunia. Dalam Roma 12 anugerah menghasilkan karunia. Sedang dalam Efesus 4 anugerah menyuplai karunia. Karena itu, di sini anugerah adalah menurut karunia, yakni menurut ukur­an karunia. Anugerah yang menurut ukuran karunia dapat diibaratkan seperti darah kita, yang menyuplai ang­gota-anggota tubuh kita sesuai dengan ukurannya ma-sing-masing. Jadi, ukuran karunia Kristus adalah ukuran satu anggota Tubuh-Nya.

Ayat 8 melanjutkan, “Tatkala Ia naik ke tempat ting­gi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pem­berian-pemberian (karunia-karunia) kepada manusia.” “Tempat tinggi” dalam kutipan dari Mazmur 68:19 meng­acu kepada Gunung Sion (Mzm. 68:17-19), yang melam­bangkan langit tingkat tiga, tempat Allah bersemayam (1 Raj. 8:30). Mazmur 68 menyiratkan bahwa Allah naik ke Gunung Sion di dalam tabut itu, setelah tabut itu mendapat kemenangan.

“Tawanan-tawanan” dalam ayat 8 mengacu kepada orang-orang kudus yang tertebus, yang ditawan oleh Iblis sebelum diselamatkan oleh kematian dan kebangkitan Kristus. Dalam kenaikan-Nya, Kristus memimpin mereka sebagai tawanan, yaitu membebaskan mereka dari tawan­an Iblis dan mengambil mereka kepada diri-Nya sendiri. Ini menunjukkan bahwa Ia menaklukkan dan mengalih­kan Iblis, yang telah menawan mereka dengan dosa dan maut.

“Karunia-karunia” di sini tidak mengacu kepada ke­mampuan atau kapasitas dari berbagai pelayanan, tetapi kepada orang-orang berkarunia dalam ayat 11 — rasul, nabi, penginjil, gembala dan pengajar. Setelah menak­lukkan Iblis dan maut, serta menyelamatkan orang-orang dosa dari Iblis dan maut melalui kematian dan kebang­kitan-Nya, Kristus di dalam kenaikan-Nya menjadikan orang-orang dosa yang sudah diselamatkan itu karunia­karunia sedemikian oleh hayat kebangkitan-Nya, dan memberikan mereka kepada Tubuh-Nya bagi pembangun­annya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 38

No comments: