Hitstat

28 October 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 1 Kamis

Disaksikan oleh Malaikat Allah
Yohanes 20:12
Dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring

Ayat Bacaan: Yoh. 11:25; 20:11-13

Sewaktu Tuhan Yesus masih hidup di bumi, Ia berkali-kali mengatakan perihal bangkit dari kematian ini. Ia mengatakan bagaimana rupa kita dalam kebangkitan. Ia selalu menunjukkan kepada orang bahwa kematian itu bukan akhir dari manusia. Di balik kematian masih ada kebangkitan! Dengan tegas Tuhan berkata, “Akulah kebangkitan dan hidup; siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Yoh. 11:25). Ia sendiri telah diserahkan ke tangan orang-orang jahat, mati di salib. Tetapi pada hari ketiga Ia bangkit dari kematian, keluar dari dalam kubur. Ini adalah kejadian yang baru dan ajaib bagi kita. Apakah kita tidak percaya? Namun ini satu fakta yang telah menggemparkan seluruh bumi. Fakta yang sudah menggoncangkan peradaban manusia. Fakta ini, yaitu Yesus bangkit dari kematian, sudah menyelamatkan banyak jiwa dan sudah mengubah banyak hidup manusia. Inilah satu pengharapan yang besar bagi semua manusia.
Kebangkitan Kristus bukan semata-mata ditemukan oleh orang-orang yang menuntut, tetapi juga dipersaksikan oleh malaikat-malaikat yang diutus Allah (20:11-13). Ketika Maria menjenguk ke dalam kubur, ia nampak “dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki tempat mayat Yesus terbaring sebelumnya” (20:12). Kedua malaikat ini seperti kerub di atas tutup pendamaian, yang melihat dan memperhatikan bagaimana mulianya Tuhan yang bangkit, menyelesaikan tugas yang menakjubkan, yaitu keluar dari ancaman maut. Kedua malaikat yang mengamati itu menjadi saksi yang paling kuat bahwa Tuhan Yesus telah bangkit. Kain kafan dan kain peluh merupakan kesaksian dari pihak manusia, malaikat-malaikat adalah kesaksian dari pihak Allah. Kesaksian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah dari dua pihak — dari manusia dan dari malaikat-malaikat sebagai suatu kesaksian dari sorga. Pujilah Tuhan Yesus bahwa manusia dan malaikat-malaikat, sorga dan bumi, telah bersama-sama menjadi suatu kesaksian bagi kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Kalau hari ini Anda percaya Yesus yang sudah bangkit dari antara orang mati, Anda akan menikmati kemuliaan kebangkitan-Nya!

No comments: