Hitstat

24 October 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 1 Minggu

Hari Pertama dalam Minggu itu
Yohanes 20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu penutupnya telah diambil dari kubur.

Ayat Bacaan: Yoh. 20:1; Mzm. 118:24; 2:7; Kis. 13:33; Ibr. 1:5; Why. 1:10

Tuhan bangkit “pada hari pertama minggu itu” (Yoh. 20:1). Frase kata “hari pertama minggu itu” menunjukkan bahwa kebangkitan Tuhan membawa masuk suatu permulaan yang baru. Tuhan menciptakan selama enam hari dan beristirahat pada hari ketujuh. Tujuh hari ini adalah generasi ciptaan lama. Sekarang, sesudah tujuh hari, ada permulaan baru dengan hari pertama yang lain. Dengan kata lain, melalui kebangkitan Tuhan, ciptaan lama telah berlalu dan ciptaan baru telah dimulai; generasi lama telah berlalu dan generasi baru telah dimulai. Jadi hari pertama dari minggu yang lain menandakan permulaan ciptaan baru, generasi baru, dan zaman baru. Mazmur 118:24 mengatakan, “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya.” Jika kita telah membaca ayat ini di dalam konteksnya, kita akan melihat bahwa ini menerangkan hari kebangkitan Tuhan. Hari kebangkitan-Nya adalah hari yang istimewa, satu hari yang telah ditentukan Allah. Hari kebangkitan Tuhan dinubuatkan sebagai “hari ini” (Mzm 2:7; Kis. 13:33; Ibr. 1:5). Ketika Tuhan Yesus masih berkelana di atas bumi, Tuhan menubuatkan bahwa Ia akan tersalib dan kemudian akan bangkit dari kematian pada hari ketiga (Mat. 16:21, Yoh. 2:19, 22). “Hari ketiga” ini adalah hari pertama dari minggu itu. Kemudian hari ini disebut oleh orang-orang Kristen sebagai “Hari Tuhan” (Why. 1:10). Alangkah ajaibnya hari tersebut!
Saat ini seluruh dunia memakai hari Minggu terutama bukan untuk penyembahan, tetapi untuk kesenangan, olah raga, dan segala macam hiburan. Ini lebih jahat dari pada penyembahan berhala, tetapi arus ini telah menghanyutkan banyak orang Kristen.
Perkataan yang diucapkan Yohanes sangatlah indah, katanya, “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh (di dalam roh) . . .” (Why. 1:10). Semoga banyak orang dapat berkata, “Pada hari Tuhan, aku di dalam Roh.” Semoga hari ini menjadi hari Roh Kudus menggerakkan gereja-Nya dan hari kita menerima berkat-Nya. Marilah kita mementingkan dan mempersembahkan hari Tuhan ini kepada Tuhan. Jika kita semua berbuat demikian, niscaya berkat Allah akan tercurah secara besar-besaran ke dalam gereja-Nya.

No comments: