Hitstat

14 March 2011

1 Korintus - Minggu 1 Senin

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 1:1-2, 11-12

Kitab 1 Korintus memberi kita sebuah ilustrasi tentang kehidupan orang Kristen, kehidupan gereja, dan kehidupan Tubuh, yang masing-masing diilustrasikan sepenuhnya dalam 1 Korintus. Apa yang diwahyukan dalam Surat Roma secara garis besar diilustrasikan sepenuhnya dalam 1 Korintus. Kita memiliki sketsa kehidupan orang Kristen dan kehidupan gereja dalam Surat Roma, sedangkan ilustrasi kehidupan orang Kristen, kehidupan gereja, dan kehidupan Tubuh, kita temukan dalam 1 Korintus.

Ada sebagian orang mungkin akan membantah pernyataan bahwa 1 Korintus merupakan sebuah ilustrasi dari kehidupan orang Kristen kita. Mungkin mereka akan bertanya, "Apakah kita dituntut untuk mengikuti pola orang Kristen di Korintus? Haruskah kita memiliki corak kehidupan orang Kristen yang dilukiskan dalam kitab ini? Haruskah kita menuruti contoh gereja di Korintus dan memiliki jenis kehidupan gereja yang mereka miliki? Haruskah kita menempuh kehidupan Tubuh seperti yang kita lihat di Korintus? Segala yang ada dalam gereja di Korintus serba kasihan. Kehidupan orang Kristennya, kehidupan gerejanya, dan kehidupan Tubuh, semua serba kasihan!" Namun, kasihan atau tidaknya orang-orang Korintus dalam perkara-perkara ini adalah soal kedua. Di sini yang penting adalah bahwa pada hakikatnya Surat Korintus mengilustrasikan kehidupan orang Kristen, kehidupan gereja, dan kehidupan Tubuh yang biasa dan khas. Sebenarnya, kehidupan orang Kristen umumnya tepat seperti yang ada di Korintus. Demikian pula kehidupan gereja dan kehidupan Tubuh yang khas.

Ilustrasi-ilustrasi dalam 1 Korintus kelihatannya bersifat negatif. Ya, memang itu negatif, tetapi riil. Lagi pula, situasi sebenarnya di antara kaum beriman dan dalam gereja-gereja banyak unsur negatifnya, baik pada masa Paulus maupun masa kini. Sungguh sulit menemukan satu gereja lokal yang situasinya sama sekali bebas dari unsur-unsur negatif. Sebagian orang mungkin sangat mengagumi kehidupan gereja yang dilukiskan dalam Kisah Para Rasul 2 dan 4. Tetapi apakah yang bisa lebih negatif daripada kasus Ananias dan Safira dalam Kisah Para Rasul 5? Kasus bersungut-sunggutnya orang banyak dalam Kisah Para Rasul 6 juga menunjukkan adanya suatu situasi yang negatif. Bahkan ketika Tuhan Yesus masih berada di bumi bersama murid-murid-Nya, saat itu pun banyak situasi negatif. Para murid saling bertengkar mengenai siapa yang paling besar. Tentu, 1 Korintus bukan suatu ilustrasi dari Yerusalem Baru. Sebaliknya, ia adalah ilustrasi dari kehidupan orang Kristen, kehidupan gereja, dan kehidupan Tubuh pada zaman ini. Karena kita hidup dalam zaman ini, zaman gereja, maka kita perlu menerima 1 Korintus sebagai ilustrasi kita. Surat ini merupakan sebuah potret dari gereja lokal kita. Kiranya kita semua nampak dengan jelas bahwa 1 Korintus adalah sebuah ilustrasi dari kehidupan orang Kristen, kehidupan gereja, dan kehidupan Tubuh kita sendiri.

Sumber:
Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 1.

No comments: