Hitstat

06 March 2019

Lukas - Minggu 4 Rabu


Pembacaan Alkitab: Luk. 2:40-52
Doa baca:Yesus makin dewasa dan bertambah hikmat-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.” (Luk. 2:52)


Penuh Hikmat dan Anugerah Allah


Lukas 2:52 menunjukkan bahwa Tuhan Yesus bertumbuh dalam perawakan tubuh, dan Dia menjadi kuat dalam roh (1:80). Lukas 2:40 mengatakan bahwa sewaktu Manusia-Penyelamat ini bertumbuh, Dia penuh dengan hikmat, dan anugerah Allah ada pada-Nya.

Sebagai seorang manusia, Yesus pun memerlukan anugerah Allah untuk kehidupan insani-Nya. Dia dipenuhi dengan hikmat keAllahan-Nya dan memerlukan anugerah Allah dalam keinsanian-Nya. Sebagai manusia, kita semua memerlukan hikmat dan anugerah Allah. Hikmat berhubungan dengan cara melakukan sesuatu, dan anugerah berhubungan dengan kekuatan, kemampuan, untuk melaksanakan sesuatu itu. Hikmat adalah caranya, dan anugerah adalah kekuatannya. Jika kita memiliki hikmat tanpa anugerah, kita akan kecewa karena kita tidak akan dapat memenuhi kewajiban kita. Tuhan Yesus juga memperhatikan kepentingan Allah pada umur dua belas dan juga patuh kepada orang tua-Nya (2:41- 51). Pada umur dua belas, seorang anak laki-laki disebut “anak hukum Taurat” oleh orang Yahudi dan mulai menjalani kewajiban hukum. Angka dua belas melambangkan kesempurnaan kekal dalam administrasi Allah. Karena itu, apa yang Tuhan lakukan di sini sepenuhnya berhubungan dengan administrasi Allah. Sebagai Putra Allah, Dia memperhatikan kepentingan Allah. Sebagai Putra Manusia, Dia taat dalam keinsanian-Nya kepada orang tua insani-Nya.

Dalam 2:52 terdapat kesimpulan dari bagian mengenai masa kecil Manusia-Penyelamat. Manusia-Penyelamat ini makin dikasihi oleh Allah dan manusia. Dia makin dikasihi Allah karena Dia bertumbuh dalam ekspresi Allah menurut hasrat hati Allah. Dia makin dikasihi manusia karena Dia bertumbuh dalam kebajikan-kebajikan insani, yang penuh hikmat terhadap manusia. Dia bertumbuh sebagai manusia-Allah di hadapan Allah dan manusia.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 6

No comments: