Hitstat

27 March 2019

Lukas - Minggu 7 Rabu


Pembacaan Alkitab: Luk. 5:1-11
Doa baca: “Sesudah menarik perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.” (Luk. 5:11)


Menarik Orang-Orang yang Dijajah


Panggilan terhadap empat murid yang pertama adalah suatu panggilan yang menarik orang-orang yang dijajah. Manusia tidak sadar bahwa mereka telah jatuh bukan hanya dalam dosa, tetapi juga dalam pekerjaan mereka. Tidak ada sesuatu yang menjauhkan orang-orang dari Allah melebihi pekerjaan mereka. Sebenarnya, setiap orang dijajah oleh sesuatu yang menggantikan Allah. Ketika Musa meminta Firaun untuk membiarkan umat Allah pergi, Firaun berusaha sebisanya untuk terus menjajah mereka oleh pekerjaan-pekerjaan mereka. Murid-murid yang pertama, dipanggil dan ditarik oleh Tuhan bukan dari kehidupan mereka yang penuh dosa, melainkan dari pekerjaan mereka, khususnya Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes.

Ketika Tuhan Yesus memanggil Petrus, Dia melakukan satu mukjizat yang berhubungan dengan menjala ikan. Mukjizat dalam Lukas 5 adalah bagian dari daya tarik Tuhan terhadap orang-orang yang dijajah. Mukjizat ini menarik Petrus kepada Manusia-Penyelamat. Panggilan terhadap Petrus dalam Lukas 5:1-11 ini berhubungan dengan standar moralitas yang tertinggi. Petrus adalah seorang nelayan profesional, di danau itu terdapat banyak ikan, dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk menjala ikan. Meskipun demikian, mereka tidak menangkap apa-apa. Tuhan bermaksud menarik Simon dan saudaranya. Karena itu, pada waktu yang tepat, Tuhan memerintahkan ikan itu untuk datang mendekat. Hasilnya, “mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak” (ay. 6). Karena Manusia-Penyelamat menempuh suatu kehidupan yang penuh dengan kebajikan insani yang mengekspresikan atribut ilahi, maka Petrus dan orang-orang lainnya tertarik kepada Tuhan dan mengikuti Dia.

Lukas 5:10 adalah panggilan Tuhan kepada Petrus melalui suatu mujizat dalam hal menjala ikan. Petrus dipanggil Tuhan untuk menjadi penjala manusia, mendapatkan manusia supaya manusia bisa mendapat hayat (Kis. 2:38; 11:15).


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 12

No comments: