Hitstat

08 May 2019

Lukas - Minggu 13 Rabu


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:21-24; 1 Kor. 2:9
Doa baca: “Tetapi seperti ada tertulis: Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: Semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Kor. 2:9)


Wahyu mengenai Ekonomi Perjanjian Baru Allah


Kata “apa yang” dalam 1 Korintus 2:9 mengacu kepada hal-hal di dalam ekonomi Perjanjian Baru Allah, yaitu Allah dalam hikmat-Nya telah menentukan dan mempersiapkan bagi kita banyak hal yang dalam, rahasia, dan tersembunyi. Semua hal tersebut tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah dipahami oleh hati manusia. Kemampuan penglihatan kita terbatas, yang dapat dipahami telinga kita pun terbatas, namun ruang lingkup yang dapat disadari hati kita tidak terbatas. Rahasia ini begitu menakjubkan dan dalam, mengenai rahasia Allah, yaitu Kristus, dan rahasia Kristus, yaitu gereja. Perkataan Tuhan dalam Lukas 10 sangat dalam dan menjamah hal-hal rahasia yang perlu disingkapkan. Rahasia ini tidak disingkapkan dalam Kitab Lukas secara langsung, melainkan memerlukan penjelasan dari keempat belas Surat Kiriman Rasul Paulus.

Surat-surat Kiriman Rasul Paulus menjelaskan kata “semuanya, “semua”, dan “apa” dalam Lukas 10 yang mewahyukan mengenai ekonomi Perjanjian Baru Allah, yang mencakup Trinitas ilahi, rencana kekal Allah, Kristus sebagai perwujudan Allah, gereja sebagai Tubuh Kristus, dan maksud Allah untuk diekspresikan melalui Trinitas ilahi-Nya dalam gereja.

Dalam pasal ini Tuhan menunjukkan bahwa realitas yobel bukan hanya dalam mengusir roh-roh jahat, menaklukkan roh-roh, tetapi juga kita dibawa masuk ke dalam apa yang ditentukan oleh Allah bagi kita sebelum dunia dijadikan. Penentuan dan penakdiran Allah atas kita tercakup dalam pendaftaran nama kita di surga. kita perlu melihat Surat-surat Rasul Paulus untuk memiliki pemahaman menyeluruh mengenai frasa “semuanya, “semua”, dan “apa yang” dalam Lukas 10.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 24

No comments: