Hitstat

06 May 2019

Lukas - Minggu 13 Senin


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:17-20
Doa baca: “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga.” (Luk. 10:20)


Kuasa untuk Menaklukkan Satan


Dalam Lukas 10:17, ketujuh puluh murid bergembira dan berkata, “Tuhan, setan-setan pun takluk kepada kami demi nama-Mu.” Lalu Tuhan Yesus menjawab, “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit” (ayat 18). Ayat 18 menyatakan bahwa Iblis telah dihakimi dan dijatuhi hukuman dengan dilempar ke dalam dunia orang mati, ke dalam dasar jurang yang paling dalam (Yes. 14:15; Yeh. 28:17). Kemudian Allah mulai melaksanakan keputusan hukuman yang telah dijatuhkan-Nya kepada Iblis dalam berbagai kesempatan, seperti melalui ketujuh puluh murid dalam Lukas 10. Lalu dalam 10:19, Tuhan berkata kepada ketujuh puluh murid itu, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking.” Ular dalam ayat 19 melambangkan Iblis dan malaikat-malaikatnya (Ef. 2:2; 6:11-12), sedangkan kalajengking melambangkan setansetan (Luk. 10:17, 20). Dari perkataan Tuhan tersebut, kita dapat melihat bahwa Tuhan memberikan murid-murid kekuasaan; sedangkan musuh hanya memiliki kekuatan. Kekuasaan menaklukkan kekuatan, sehingga dengan kuasa Tuhan, murid-murid dapat menaklukkan kekuatan jahat musuh.

Namun Tuhan berkata: “Janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga” (ayat 20). Nama kita yang terdaftar di surga jauh lebih penting daripada mengusir setan-setan. Kebanyakan kaum beriman lebih gembira karena hal mengusir setan-setan, namun melalui jawaban Tuhan dalam ayat 20, Tuhan Yesus memberi tahu murid-murid bahwa mereka seharusnya bersukacita karena nama mereka telah terdaftar di surga. Dalam sekelompok ayat ini kita dapat melihat sebuah prinsip bahwa Tuhan lebih mementingkan nama kita terdaftar di surga daripada perihal mengusir setan-setan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 24

No comments: