Hitstat

13 May 2019

Lukas - Minggu 14 Senin


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:38-42
Doa baca: “Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya.” (Luk. 10:39)


Melayani Tuhan Menurut Keinginan dan Kesukaan-Nya


Dalam Lukas 10:38-42 kita dapat melihat kisah Marta dan Maria ketika mereka menerima Yesus di rumah mereka. Maria mendengarkan firman Tuhan, sedangkan “Marta sibuk sekali melayani” (ayat 40). Marta mendekati Yesus, dan berkata, “Tuhan, tidakkah Engkau peduli bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri?” (ayat 40). Tuhan menjawabnya dengan menyatakan bahwa apa yang dilakukan Marta hanya menyusahkan diri, tetapi apa yang dilakukan Maria yang duduk di kaki-Nya dan mendengarkan firman- Nya adalah bagian yang terbaik. Tuhan lebih menyukai orang-orang yang diselamatkan-Nya dan yang mengasihi-Nya mendengarkan Dia, supaya mereka dapat mengenal keinginan-Nya, daripada melakukan banyak hal bagi-Nya tanpa mengetahui kehendak-Nya.

Kisah Marta dan Maria ini terjadi setelah perumpamaan orang Samaria yang murah hati. Perumpamaan itu menunjukkan belas kasihan dan kasih Penyelamat, yang adalah seorang Manusia dan menjadi sesama bagi orang berdosa. Kisah Marta dan Maria menyingkapkan keinginan dan kesukaan Tuhan, yang adalah Allah dan menjadi Tuan kaum beriman. Penyelamat memberi kita belas kasihan dan kasih-Nya supaya kita dapat diselamatkan oleh Dia; Tuhan mengekspresikan keinginan dan kesukaan-Nya supaya kita dapat melayani Dia. Setelah menerima keselamatan dari Penyelamat, kita seharusnya melayani Tuhan.

Untuk keselamatan kita, kita perlu menyadari belas kasihan dan kasih Penyelamat; sedangkan untuk pelayanan kita, kita perlu mengetahui keinginan dan kesukaan Tuhan. Kita perlu menjadi seperti Maria yang duduk di kaki Tuhan Yesus untuk mendengarkan firman yaitu dengan rendah hati datang kepada firman Tuhan sehingga kita dapat mengetahui bagaimana melayani Tuhan sesuai dengan keinginan Tuhan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 26

No comments: