Hitstat

09 March 2010

Kisah Para Rasul Volume 4 - Minggu 4 Rabu

Bergerak Bersama Saudara-saudara
Kisah Para Rasul 11:12
Lalu kata Roh kepadaku: Pergi bersama mereka dengan tidak bimbang! Dan keenam saudara ini menyertai aku. Kami masuk ke dalam rumah orang itu

1 Korintus 12:14
Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

Ayat Bacaan: Kis. 11:4, 12, 15-17; 10:23

Menurut Kisah Para Rasul 10:23, ketika Petrus pergi ke rumah Kornelius di Kaisarea, “beberapa saudara dari Yope menyertai dia.” Dalam Kisah Para Rasul 11:12 Petrus menunjukkan bahwa ada enam saudara yang pergi bersama dia. Kita telah mencatat sebelumnya bahwa dalam perkara ini Petrus tidak bertindak secara individu, tetapi dengan beberapa saudara dalam prinsip Tubuh Kristus, supaya mereka dapat bersaksi bahwa Allah menyelamatkan bangsa lain melalui pemberitaan Injil dengan melanggar tradisi dan kebiasaan orang Yahudi. Tetapi, Petrus tidak begitu mengenal prinsip Tubuh. Di sini ia mungkin bertindak berdasarkan kehati-hatian dan keperluan untuk melindungi dirinya sendiri dari kritikan-kritikan orang-orang golongan yang bersunat.
Tidak ada catatan bahwa Tuhan menyuruh Petrus membawa keenam saudara ini bersamanya; juga tidak dikatakan bahwa Kornelius mengundang mereka datang bersama Petrus. Keenam orang ini tidak diutus oleh Tuhan atau diundang oleh Kornelius; sebaliknya, mereka dibawa oleh Petrus sebagai satu perlindungan baginya. Petrus bukan hanya membawa enam saudara ini bersamanya dari Yope ke Kaisarea; ia juga membawa mereka bersamanya ke Yerusalem. Petrus tahu bahwa ia akan menghadapi kesulitan di Yerusalem dan bahwa ia akan dikritik karena hal yang telah ia lakukan di Kaisarea. Ia sadar bahwa ia memerlukan saksi-saksi. Petrus adalah saksi Yesus Kristus, dan enam saudara yang ia bawa ke Yerusalem itu adalah saksi-saksinya.
Menurut ayat 4, Petrus mulai menjelaskan secara berurutan apa yang telah terjadi di rumah Kornelius. Petrus menyimpulkan penuturannya dengan perkataan-perkataan ini: “Ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti ke atas kita dahulu. Lalu teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. Jadi, jika Allah memberikan karunia yang sama kepada mereka seperti kepada kita pada waktu kita percaya kepada Yesus Kristus, bagaimana mungkin aku mencegah Dia?” (ay. 15-17). Penuturan Petrus ini sangat bagus, dan kita dapat belajar darinya.

No comments: