Hitstat

30 March 2010

Kisah Para Rasul Volume 5 - Minggu 3 Rabu

Pengampunan Dosa dan Pembenaran
Kisah Para Rasul 13:38
Jadi, ketahuilah, Saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Oleh hukum Musa kamu tidak dapat dibenarkan.

Ayat Bacaan: 1 Yoh. 1:9; Luk. 15:18-22; Maz. 51: 6-12

Menerima pengampunan dosa di aspek negatifnya (Kis. 13: 38) adalah untuk pembebasan kita dari penghakiman. Sedangkan pembenaran pada aspek positifnya adalah untuk pendamaian kita dengan Allah, agar kita dapat diperkenan Allah. Melalui Dia yang adalah Putra sulung Allah, Juruselamat, pengampunan dosa-dosa diberitakan kepada kita. Dan melalui Dia ini kita pun dapat dibenarkan. Kristus bukan hanya Juruselamat kita; Diri-Nya sendiri adalah pengampunan dan pembenaran kita. Pengampunan dan pembenaran itu sebenarnya adalah Kristus sendiri sebagai belas kasihan Allah bagi kita.
Begitu orang berdosa percaya bahwa darah Tuhan Yesus yang di salib adalah untuk pengampunan dosa-dosanya, saat itu juga dia mendapatkan pengampunan. Apabila seorang yang sudah percaya kembali melakukan perbuatan dosa, asal dia mau dengan tulus hati kembali bertobat dan mengakuinya di hadapan Allah, dia juga pasti mendapatkan pengampunan dosa (I Yoh. 1:9). Harga darah yang Tuhan Yesus alirkan sangatlah besar, dapat mengampuni segala dosa manusia, mencuci bersih segala ketidakbenaran manusia. Ada sebuah syair dari satu kidung mengatakan “Tebusan sempurna, darah-Nya bayar, bagi kita semua janji-Nya andal. Orang paling jahat asal percaya, T’rima ampunan-Nya sekarang juga”.
Asalkan seseorang mau berpaling, bertobat, dan mengakui pelanggaran dan dosa-dosanya, maka tidak ada dosa yang tidak dapat diampuni. Sekarang, apakah Anda masih takut dosa Anda tidak bisa mendapatkan pengampunan? Allah mau mengampuni Anda, Allah senang mengampuni Anda, Allah bahkan telah mengeluarkan harga yang sangat besar untuk mengampuni Anda. Kita perlu secara tuntas mengaku dosa kepada Tuhan. Ketika kita beserta dengan Tuhan, boleh jadi kita akan berkata kepada Tuhan sambil mencucurkan air mata, “Ya Tuhan, aku bertobat. Aku demikian dosa, jahat, dan najis.” Tuhan kita sanggup mengampuni segala dosa setiap orang yang mau bertobat dan mengakui dosa-dosanya, bahkan selamanya mengampuni dosa-dosanya karena Tuhan itu setia dan adil.

No comments: