Hitstat

11 March 2010

Kisah Para Rasul Volume 4 - Minggu 4 Jumat

Kamu akan Dibaptis dengan Roh Kudus
Kisah Para Rasul 11:15-16
Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita. Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.

Ayat Bacaan: Kis. 11:15-16

Pada hari Pentakosta, orang-orang Yahudi yang dibaptis dalam Roh kudus, mewakili semua orang Yahudi yang percaya Tuhan. Di pandangan Allah, semua orang Yahudi baik yang dulu maupun yang sekarang, semua pada hari Pentakosta itu telah satu kali dibaptis dalam Roh Kudus. Tetapi ingatlah, pada hari Pentakosta itu, Tuhan hanya menggenapkan baptisan Roh di atas diri kaum beriman Yahudi, hanya menggenapkan bagian pertama dari baptisan Roh.
Bagian kedua baptisan Roh terjadi di rumah Kornelius pada sekelompok orang bukan Yahudi yang percaya Tuhan (Ini dipandang dari sudut kedudukan. Sesungguhnya, sebelum mereka percaya, sudah ada orang bukan Yahudi yang percaya Tuhan, seperti sida-sida Etiopia). Kornelius adalah perwira pasukan Italia, sekeluarganya orang bukan Yahudi. Sebagaimana Petrus pada hari Pentakosta sekali untuk selamanya membuka pintu percaya Tuhan bagi orang Yahudi, begitu juga ia di rumah Kornelius membuka pintu percaya bagi orang kafir sekali untuk selamanya. Untuk menegaskan perkara ini, ketika Petrus sedang menyampaikan firman di rumah Kornelius, Tuhan menurunkan Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti yang turun ke atas diri kaum beriman Yahudi. Petrus berkata, ketika ia melihat hal itu, teringatlah ia akan janji Tuhan tentang baptisan Roh Kudus.
Sebab itu, menurut prinsip perwakilan, sebagaimana Tuhan pada hari Pentakosta sekaligus membaptis semua orang Yahudi baik yang dulu maupun yang sekarang ke dalam Roh Kudus, demikian juga di rumah Kornelius, sekaligus membaptis semua orang beriman bukan Yahudi yang dulu dan yang sekarang ke dalam Roh Kudus. Baptisan Roh Kudus adalah satu fakta yang telah Tuhan genapkan di atas diri gereja. Karena kita adalah salah satu bagian dalam gereja, maka baptisan Roh adalah bagian kita yang seharusnya kita nikmati dan kita alami. Dengan demikian, kita percaya fakta yang telah Tuhan genapkan dan firman yang Tuhan ucapkan tentang fakta ini; memakai iman yang demikian dan bersandarkan firman Tuhan menerima fakta yang Tuhan rampungkan.

No comments: