Hitstat

07 February 2011

Roma Volume 6 - Minggu 4 Senin

Dinyatakan melalui Kebangkitan
Roma 8:19
Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat putra-putra Allah dinyatakan (Tl)

Ayat Bacaan: Rm. 8:13, 19; Kol. 3:4

Subjek utama dari kitab Roma adalah Injil Allah, yaitu membuat orang-orang dosa menjadi putra-putra Allah untuk menyusun Tubuh Kristus, yang diekspresikan sebagai gereja-gereja lokal. Inilah yang dinantikan oleh seluruh alam semesta ini, yaitu putra-putra Allah dinyatakan (Rm. 8.19). Kapankah ini akan terjadi? Kapankah putra-putra Allah akan dinyatakan? Hari ini orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa kita adalah orang Kristen. Tetapi pada hari pemuliaan kita, tidak ada seorangpun yang perlu bertanya kepada kita apakah kita orang Kristen atau bukan, karena kita akan dimanifestasikan sebagai putra-putra Allah. Manifestasi itu akan menjadi perampungan proses penyataan oleh kebangkitan. Kita semua perlu melihat bahwa yang sedang Tuhan lakukan pada hari ini adalah perkara pernyataan.
Sebagai ilustrasinya satu benih anyelir dinyatakan bukan dengan diberi tanda nama, melainkan dengan ditaburkan ke dalam tanah dan mati, kemudian benih ini akan mengalami kebangkitan, dan bertumbuh secara lambat laun menjadi satu tanaman anyelir yang matang, berbunga. Benih ini dinyatakan sewaktu ia bertumbuh. Semakin ia bertumbuh, semakin ia dinyatakan. Ketika anyelir ini sampai menjadi bunga yang utuh, maka ia akan dinyatakan sepenuhnya. Seperti halnya benih anyelir ini, kita semua juga berada dalam proses pernyataan ini. Semakin kita bertumbuh dan ditransformasi, semakin kita dinyatakan menjadi putra-putra Allah.
Hari ini Roh yang berhuni di dalam kita adalah Roh yang membangkitkan dan Roh yang menyatakan. Hari demi hari, Roh ini menyatakan kita menjadi putra-putra Allah. Karena itu, janganlah kita berusaha untuk memperbaiki diri sendiri atau membuat diri kita menjadi sempurna dengan tidak berdosa. Sebaliknya, nikmatilah dan alamilah Roh yang menyatakan ini. Jika oleh Roh itu kita mematikan perbuatan-perbuatan tubuh kita, kita akan hidup (Rm. 8:13). Kita perlu berjalan menurut Roh, dan oleh Roh itu kita mematikan perbuatan-perbuatan tubuh. Jika kita setiap hari berjalan menurut Roh, maka kita akan sepenuhnya berada dalam proses pernyataan oleh kebangkitan. Dengan kuasa kebangkitan ini, kita akan ditransformasi, diserupakan, dan akhirnya dimuliakan.

Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan. (Kol. 3:4)

No comments: