Hitstat

16 February 2011

Roma Volume 7 - Minggu 1 Rabu

Pemilihan, Penentuan, dan Panggilan
Roma 9:11
Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat – supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya.

Ayat Bacaan: Rm. 9:12; Ef. 1:4-5

Dalam masyarakat, pemilihan seseorang berhubungan dengan kela-hiran, pendidikan, dan kesuksesan di dalam dunia. Orang-orang yang baik, atau sukseslah yang akan terpilih. Sebaliknya, pemilihan Allah bukan berdasarkan kepada apa adanya kita; melainkan sepenuhnya berdasarkan kepada Allah dan kedambaan-Nya. Paulus memakai kasus Yakub dan Esau sebagai satu ilustrasi dari pemilihan Allah. Sebelum mereka lahir, Allah telah memberitahu Ribka, “Anak yang tua akan menjadi hamba yang muda” (Rm. 9:12). Pilihan Allah dibuat sebelum anak-anak itu lahir, sebelum mereka berbuat sesuatu yang baik atau yang buruk. Pemilihan Allah bukan berdasarkan perbuatan mereka, tetapi berdasarkan panggilan-Nya (Rm. 9:11).
Efesus 1:4-5 berkata, “Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan,..Ia telah menentukan kita dari semula…untuk menjadi anak-anak-Nya.” Sebelum alam semesta ini ada, Allah telah memilih kita dan menakdirkan kita kepada keputraan. Kita perlu melatih roh kita dalam iman untuk mempercayai firman ini! Jika kita memandang kembali kepada masa lampau kita, maka kita akan menyembah Dia. Kita sadar bahwa langkah-langkah kita bukan berasal dari diri kita sendiri melainkan berasal daripada-Nya. Allah telah memilih kita sebelum kita lahir, menakdirkan waktu dan tempat kelahiran kita. Dia menentukan semua hari-hari kita dan semua tempat di mana kita akan berada. Mungkin kita pernah ingin “bercerai” dari Tuhan, tetapi Dia menolak untuk menandatangani sertifikat perceraian ini. Meskipun kita seringkali ingin menjauhi Dia, tetapi kita tetap menempuh hidup gereja. Inilah pemilihan kasih karunia.
Dalam pemberitaan Injil, mungkin ada sejumlah orang yang tidak percaya yang menghadiri sidang injil yang sama dan mendengarkan berita yang sama; namun hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki respon terhadapnya. Inilah pemilihan, penakdiran, dan panggilan Allah. D.L Moody mengatakan bahwa sepanjang jalan masuk ke surga akan ada kata-kata yang tertulis, “Siapa saja boleh datang,” tetapi setelah seseorang melewati jalan masuk itu, ia akan melihat kata-kata ini yang terukir di dalamnya: “Yang telah dipilih sebelum pondasi dunia diletakkan.”

Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. (Ef.1:4)

No comments: