Hitstat

20 February 2011

Roma Volume 7 - Minggu 1 Minggu

Penghidupan Tubuh Kristus dan Gereja Lokal
Roma 16:1
Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari seiman kita yang melayani gereja di Kengkrea (Tl.)
Roma 16:4b
...Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.

Ayat Bacaan: 1 Ptr. 5:2

Praktek kehidupan Tubuh yang riil, bukan hanya harus menerima semua kaum beriman, tetapi juga memperhatikan gereja di lokalitas itu. Dalam Roma 16, Roh Kudus dengan jelas menunjukkan bahwa untuk praktek kehidupan Tubuh, kita perlu menjadi gereja lokal. Kepraktisan kehidupan Tubuh terkandung di dalam gereja lokal. Di mana pun kita berada, kita harus berada di dalam gereja di lokalitas itu, bahkan kita harus belajar memperhatikan gereja lokal di mana kita berada itu. Gereja adalah satu perkara yang demikian besarnya dalam pandangan Allah, maka janganlah kita mengabaikannya. Meskipun mungkin kita tidak memperhatikan gereja sedemikian rupa, Allah sangat memperhatikan gereja. Kadang-kadang Allah dapat berkata, “Lihat, Satan, Saya telah mengambil orang-orang yang telah kamu hancurkan dan Saya telah membuat mereka menjadi gereja. Apakah kamu memiliki hikmat yang demikian untuk melakukan hal itu? Kamu tidak memiliki hikmat ini, tapi Saya punya.”
Memperhatikan gereja adalah menggembalakan gereja. 1 Petrus 5:2 mengatakan, “Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah..” Bagaimana kita bisa menggembalakan gereja? Saudara saudari, kita harus mengontak beberapa orang kudus yang bersidang bersama kita untuk menggembalakan mereka. Gembalakanlah mereka memasuki penyegaran pagi yang benar dan menang setiap hari. Kita harus dengan rajin mempraktekkan hal ini. Kemudian, kita perlu membimbing orang kudus satu per satu sampai mereka berfungsi dalam sidang.
Selain itu, jika kita menemui perbedaan di antara gereja-gereja lokal, kita tidak perlu berusaha mengoreksinya atau mengubah apapun. Misalnya, satu gereja lokal mempraktekkan doa-baca, tetapi gereja di lokal lain mungkin tidak mempraktekkannya. Kita perlu menerima kondisi ini dan tetap memperhatikan gereja di lokalitas di mana kita berada. Dengan memperhatikan gereja lokal, berarti kita telah mempraktekkan kehidupan Tubuh yang praktis dan riil, dan kita akan bersukacita.

Inilah rahasia...ketujuh kaki pelita emas itu: “..ketujuh kaki pelita itu ialah ketujuh jemaat.” (Why.1:20)

No comments: