Hitstat

17 February 2017

Wahyu - Minggu 2 Jumat



Pembacaan Alkitab: Why. 7:9
Doa baca: Why. 7:9
Setelah itu aku melihat: Sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat dihitung jumlahnya, dari segala bangsa dan suku dan umat dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.


Dalam 7:9-17 kita nampak kesaksian Yesus sebagai suatu kumpulan besar orang banyak. Kumpulan besar orang banyak ini adalah seluruh Tubuh yang terdiri dari umat tebusan Allah, yang telah ditebus "dari segala bangsa dan suku dan umat dan bahasa" (7:9). Semua orang itu telah menempuh kesusahan. Ini menunjukkan bahwa di setiap zaman atau tempat, tidak ada gereja yang tidak menempuh kesusahan. Kumpulan besar orang banyak itu telah keluar dari kesusahan yang besar dan menang, karena mereka semua memegang daun-daun palem yang menunjukkan kemenangan mereka atas kesusahan besar itu (7:9). Terakhir, dalam kekekalan, mereka akan dinaungi oleh Allah dengan tabernakel-Nya (7:15). Selain itu, mereka juga akan digembalakan oleh Anak Domba ke mata air hayat untuk selama-lamanya (7:17).

Dalam 12:1-17 kita melihat lambang lainnya tentang gereja: perempuan itu dengan anak laki-laki. Perempuan dalam pasal ini mewakili seluruh Tubuh yang terdiri dari umat tebusan Allah, dan anak laki-laki mewakili bagian yang lebih kuat dari umat Allah. Di dalam perempuan itu ada anak laki-laki, di antara umat Allah ada bagian yang lebih kuat. Perempuan ini, yang berselubungkan matahari, bulan, dan kedua belas bintang (12:1) dan dianiaya oleh Iblis, naga merah padam yang besar, mewakili umat Allah sepanjang generasi. Dalam setiap generasi, selalu ada sebagian dari umat Allah yang dianiaya oleh Iblis. Namun selama tiga setengah tahun kesusahan besar, ia akan dilindungi oleh Allah dari serangan si ular.

Seperti yang telah kita katakan, anak laki-laki adalah bagian yang lebih kuat dari umat Allah. Di antara umat Allah, bahkan di antara kita dalam pemulihan Tuhan hari ini, ada bagian yang lebih kuat. Bagian yang lebih kuat ini akan diangkat ke takhta Allah sebelum kesusahan besar. Dengan kata lain, perempuan itu akan ditinggalkan di bumi untuk menempuh kesusahan besar itu, tetapi bagian yang lebih kuat, anak laki-laki, akan diangkat ke takhta Allah sebelum kesusahan itu. Mengapa anak laki-laki akan diangkat ke takhta Allah sebelum kesusahan itu? Karena Allah memerlukan anak laki-laki untuk berperang melawan Iblis yang berada di surga dan melemparkannya ke bumi. Sekalipun Allah memiliki banyak malaikat yang akan berperang melawan Iblis, tetapi kemenangan akhir atas musuh bukanlah diraih oleh malaikat-malaikat, melainkan oleh anak laki-laki. Allah memerlukan anak laki-laki. Allah akan mempermalukan dan mengalahkan Iblis dengan menggunakan manusia yang pernah dirusak oleh Iblis. Allah seolah berkata, "Iblis, kau telah merusak manusia yang Kuciptakan. Tetapi Aku telah memperoleh anak laki-laki dari manusia yang telah rusak ini untuk mengalahkanmu. Ia terutama bukan untuk mengalahkanmu di bumi, melainkan di surga." Anak laki-laki akan terus berperang ke arah takhta untuk melemparkan Iblis dari surga ke bumi. Ini adalah bagian dari kesaksian Yesus. Sekalipun Yesus telah mengalahkan Iblis di salib, tetapi tetap perlu gereja melaksanakan kemenangan-Nya atas musuh. Karena banyak sekali anggota Tubuh yang gagal dalam hal ini, maka hanya bagian yang lebih kuat, anak laki-lakilah, yang akan melaksanakan kemenangan Kristus atas Iblis. Anak laki-laki akan diangkat ke surga untuk menggenapkan pekerjaan ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 1, Berita 3

No comments: