Hitstat

22 February 2017

Wahyu - Minggu 3 Rabu

Pembacaan Alkitab: Why. 1:18
Doa baca: Why. 1:18
Dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.


Putra adalah Yang Awal dan Yang Akhir (1:17; 2:8; 22:13), Yang Pertama dan Yang Terkemudian (22:13), serta Alfa dan Omega (22:13). Karena Kristus adalah Alfa dan Omega, yaitu huruf pertama dan terakhir dalam abjad Yunani, berarti Ia adalah setiap huruf dalam abjad itu. Yang awal dan yang akhir hanya menunjukkan yang pertama dan yang terakhir tanpa menunjukkan permulaan atau akhir. Untuk menjadi Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Anda harus mengambil tindakan tertentu. Kristus bukan saja Yang Awal, tetapi juga Yang Pertama, yang pertama dari ekonomi Allah dan pekerjaan Allah. Pekerjaan Allah dimulai dan diakhiri dengan Kristus. Kristus juga adalah isi dan kelanjutan pekerjaan Allah, karena Ia bukan hanya Yang Pertama dan Yang Terkemudian, tetapi juga Alfa dan Omega. Dengan kata lain, Putra, Yesus Kristus, adalah segala sesuatu. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Pertama dan Yang Terkemudian dari pekerjaan Allah, dan isi serta kelanjutan dari pekerjaan Allah. Karena huruf Yunani dari Alfa sampai Omega meliputi semua huruf dalam abjad Yunani, kita boleh mengatakan bahwa Kristus adalah setiap huruf yang bisa kita pakai untuk menyusun kata-kata, kalimat, alinea, pasal, dan kitab. Haleluya. Ia adalah segala sesuatu.

Putra juga adalah Amin (3:14). Istilah Amin mempunyai berbagai arti: realitas, ya, jadilah, dan sebagainya. Sebagai Amin, Ia mempunyai arti yang lebih banyak daripada yang bisa kita utarakan. Bila kita mengatakan, "Amin," berarti kita berseru, "O, Tuhan Yesus." Baiklah kita semua belajar mengatakan, "Amin!"

Putra adalah tunas dan keturunan Daud (5:5; 22:16). Ini berarti Ia adalah akar juga cabang Daud. Sekali lagi, di sini kita melihat Kristus adalah segala sesuatu. Sebagai akar, Ia adalah Yang Awal, Pertama, Alfa; dan sebagai cabang, Ia adalah Yang Akhir, Terkemudian, dan Omega. Seperti yang telah kita tunjukkan dalam berita sebelumnya, Kristus, Putra, adalah Singa dari suku Yehuda (5:5) dan Anak Domba (5:6; 21:23; 22:1). Ia adalah Singa-Anak Domba. Terhadap musuh, Ia adalah Singa; terhadap kita, kaum tebusan, Ia adalah Anak Domba yang terkasih, yang indah.

Dalam 22:16 kita nampak bahwa Putra adalah bintang timur. Dalam Maleakhi 4:2, Ia diwahyukan sebagai matahari, tetapi di sini Ia diwahyukan sebagai bintang timur. Sebagai matahari, Ia terutama dikaitkan dengan umat manusia di bumi, tetapi sebagai bintang timur, Ia dikaitkan dengan kaum beriman yang berjaga-jaga menantikan-Nya. Terhadap orang-orang yang berjaga-jaga dan menantikan kembali-Nya, Tuhan akan menampilkan diri sebagai bintang timur. Sekalipun saya ingin melihat-Nya sebagai matahari, tetapi sekarang saya menantikan-Nya untuk melihat-Nya sebagai bintang timur. Kita semua mengasihi-Nya sebagai bintang timur, dan Ia akan menampakkan diri kepada kita secara demikian.

Terakhir, Kristus adalah Malaikat lain (7:2; 8:3; 10:1; 18:1) yang diutus Allah untuk melaksanakan amanat Allah. Dalam Perjanjian Lama, Kristus berulang-ulang disebut sebagai Malaikat TUHAN (Kej. 22:11-12; Kel. 3:2-6; Hak. 6:11-24; Za. 1:11-12; 2:8-11; 3:1-7), datang untuk memelihara umat Allah bagi penggenapan rencana-Nya. Sekarang, dalam kitab ini Ia adalah Malaikat lain yang diutus Allah untuk melaksanakan tujuan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 1, Berita 4

No comments: