Hitstat

04 September 2019

Lukas - Minggu 30 Rabu


Pembacaan Alkitab: Luk. 1:31-35
Doa baca: “Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” (Luk. 1:31)


Kebajikan Insani adalah untuk Menampung Atribut Ilahi


Tuhan Yesus lahir dari esens dengan kebajikan insani yang diciptakan oleh Allah bagi manusia (Luk. 1:31). Dia lahir dari jenis manusia. Kebajikan membedakan manusia dengan makhluk ciptaan lainnya. Selain roh manusia, manusia diciptakan oleh Allah dengan kebajikan insani. Sebaliknya, binatang tidak memiliki kebajikan itu.

Ketika Kristus berinkarnasi, Dia mengenakan kebajikan insani. Dia lahir dari manusia dengan kebajikan insani yang diciptakan oleh Allah. “Menurut gambar-Nya” (Kej. 1) menunjukkan bahwa kebajikan-kebajikan insani sebenarnya adalah gambar Allah bagi ekspresi Allah. Kebajikan insani yang manusia miliki adalah agar manusia dapat mengekspresikan Allah. Puji Tuhan hari ini Tuhan menciptakan kita dengan kebajikan insani. Tanpa kebajikan ini, Allah tidak akan dapat diekspresikan melalui kita. Justru melalui memiliki kebajikan insani, kita dapat dengan dekat mengenal Tuhan Yesus kita, Manusia-Penyelamat itu.

Dalam inkarnasi-Nya, Manusia-Peyelamat lahir dengan cara demikian adalah untuk memiliki kebajikan insani. Dia dikandung dari Allah untuk memiliki atribut ilahi dan Dia lahir dari manusia untuk memiliki kebajikan insani. Bagi-Nya atribut ilahi memenuhi kebajikan insani, dan kebajikan insani menampung atribut ilahi. Dalam Dia atribut ilahi dan kebajikan insani itu adalah satu; yaitu atribut ilahi dan kebajikan insani berbaur bersama menjadi satu. Kita patut mengucap syukur pada Tuhan karena kebajikan insani yang kita miliki adalah sebuah wadah 'sarung tangan' untuk menampung atribut ilahi- Nya. Semoga kita dapat melihat bahwa penciptaan manusia disertai dengan kebajikan insani, membuat kita hari ini dapat menjadi wadah yang sempurna untuk menampung Allah kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 58

No comments: