Hitstat

09 June 2009

Yohanes Volume 3 - Minggu 1 Rabu

Mengalami Suplai Hayat Kristus yang Berlimpah
Yohanes 6:5b, 7
Berkatalah Ia kepada Filipus: “Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?” Jawab Filipus kepada-Nya: “Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.”

Ayat Bacaan:Yoh. 6:3-7

Sementara banyak orang yang kelaparan berada di tepi laut, Kristus justru naik ke atas gunung (Yoh. 6:3). Gunung berada di atas daratan dan lautan, melambangkan kedudukan yang melampaui. Gunung melampaui dunia yang dirusak setan dan bumi yang diciptakan oleh Allah. Orang yang ingin menikmati rawatan Kristus harus meninggalkan wilayah tepi laut dan naik ke atas gunung bersama Kristus. Tuhan tidak memberi makanan kepada mereka di pinggir laut melainkan mengajak mereka ke puncak sebuah gunung. Bila kita ingin menikmati suplai hayat dan dikenyangkan dengan Kristus, maka kita harus pergi bersama Dia ke tempat yang tinggi; dan hari ini, tempat yang tinggi itu melambangkan roh insani kita, sebab di sanalah Dia berada.
Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: “Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?” Jawab Filipus kepada-Nya: “Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja” (Yoh. 6:5-7). Filipus lupa bahwa Tuhan sanggup menjadikan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin, dan menjadikan apa yang tadinya tidak ada menjadi ada. Filipus hanya mempertimbangkan fakta yang ada di depan mata, tidak mempertimbangkan apa yang dapat Tuhan lakukan. Roti seharga dua ratus dinar memang tidak dapat dibandingkan dengan kekayaan Kristus sebagai suplai hayat. Roti seharga itu sangat terbatas, tidak memadai, namun suplai Kristus senantiasa cukup, bahkan berlebih.
Saudara saudari kekasih, manakah yang lebih Anda percayai, uang Anda ataukah suplai dari Kristus? Cepat atau lambat Anda akan menyadari bahwa apa yang dapat dilakukan oleh uang Anda sangat terbatas, sebaliknya apa yang dapat dilakukan oleh Kristus bagi Anda begitu ajaib, melampaui pemikiran dan dugaan kita. Uang identik dengan perkataan “tidak akan cukup”, sebaliknya suplai Kristus identik dengan kata “kenyang” dan “berlebih”. Selama dua ribu tahun ini, banyak orang Kristen dapat bersaksi bahwa mereka telah disuplai, dipuaskan, dan dikenyangkan oleh Kristus, Persona yang ajaib ini.

No comments: