Hitstat

24 June 2009

Yohanes Volume 3 - Minggu 3 Kamis

Aku Pun Tidak Menghukum Engkau
Yohanes 8:10-11a
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?” Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Aku pun tidak menghukum engkau.”

Ayat Bacaan: Yoh. 8:7-11

Burung gagak di bumi sama hitamnya. Kalau Anda menyalahkan burung gagak lain karena terlalu hitam, itu sama dengan menyalahkan diri Anda sendiri. Hanya Tuhan Yesus yang tidak berdosa, dan hanya Dia yang layak menyalahkan orang. Betapa bijaksananya Tuhan Yesus! Setelah kaum agama pergi, perhatikanlah, Tuhan dengan penuh kasih dan lemah lembut berkata kepada perempuan yang berdosa. Ia bertanya, apakah ada seorang yang menghukum dia dan jawabnya: “Tidak ada, Tuan.” Lalu kata Yesus, “Aku pun tidak menghukum engkau” (Yoh. 8:11). Perkataan Tuhan ini bagaikan musik yang terindah bagi perempuan yang sangat ketakutan itu.
Di seluruh alam semesta, adakah orang yang tidak berdosa? Hanya Tuhan Yesus sendiri. Hanya Dia satu-satunya yang tidak berdosa (Yoh. 8:7, 9). Siapa yang layak menghukum Anda? Siapakah yang mempunyai kedudukan ini? Hanya seorang yang tidak berdosa. Orang satu-satunya yang layak dan berkedudukan untuk mengutuk Anda adalah Tuhan Yesus sendiri, sebab Ia tidak berdosa sedikit pun. Berita baiknya, walau Ia layak menghukum Anda, namun Ia tidak melakukannya. Tuhan layak mengampuni dosa manusia dan membebaskan kita dari perbudakan dosa (Yoh. 8:32-34). Tuhan tidak saja memberi kita hayat, Ia pun masuk ke dalam kita sebagai hayat kita.
Tuhan Yesus berkata kepadanya, “Aku pun tidak menghukum engkau.” Perhatikan kata “pun” yang dipakai Tuhan Yesus. Maksud Tuhan, orang-orang itu tidak ada satu pun yang menghukum engkau, Aku pun tidak menghukum engkau! Mereka tidak menghukum engkau, karena mereka berdosa. Aku tidak berdosa, Aku tidak mempunyai dosa, Aku bisa menghukum engkau, tetapi Aku tidak menghukum engkau! Inilah Injil, berita baik yang amat besar!
Sang “Aku” di sini adalah Allah yang di surga! Dia telah menjadi manusia, datang ke bumi, berdiri di hadapan orang yang berbuat dosa besar, tetapi berkata kepadanya, “Aku pun tidak menghukum engkau!” Seluruh umat manusia, tidak ada satu orang pun yang memenuhi syarat untuk menghakimi dosa orang, hanya Dia yang sebagai Tuhan yang bisa menghukum dosa orang. Tetapi puji Tuhan, Dia tidak menghukum kita. Ini adalah Injil dalam alam semesta!

No comments: