Hitstat

07 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 2 Selasa

Meminta Dalam Nama Tuhan
Yohanes 16:24
Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Ayat Bacaan: Yoh. 16:24; Mat 7:7

Dalam Matius 7:7 dikatakan, “Mintalah…” Ditujukan kepada siapakah kata “minta” di sini? Minta di sini dimaksudkan kepada Bapa. Dalam pembahasan sebelumnya kita telah melihat bahwa Putra dengan Bapa adalah satu, karena itu jika kita meminta kepada Bapa melalui Putra yaitu Tuhan Yesus yang telah menjadi Roh itu, maka Bapa terekspresikan. Jadi yang terpenting adalah berdoa di dalam nama yang ajaib yaitu dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Dalam nama Tuhan berarti menyatakan kita mutlak bersatu dengan Tuhan, dan bersatunya kita dengan Tuhan membuat Allah Bapa bisa terekspresikan di atas diri kita.
“Dalam nama Tuhan” bukanlah suatu slogan, untuk mengawali dan menutup doa, juga bukan satu takhayul, ini mutlak adalah satu realitas. Tercatat dalam Kisah Para Rasul, bahwa ada beberapa orang meniru Paulus mengusir setan dalam nama Tuhan Yesus. Tetapi roh jahat itu menjawab, “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?” Akhirnya roh jahat itu menerpa mereka dan melukai mereka. Mengusir setan semacam itu adalah satu tindakan yang bersifat takhayul. Dalam nama Tuhan bukanlah satu takhayul, melainkan memiliki realitas rohani. Ketika Paulus mengusir setan dalam nama Tuhan Yesus, dia bisa berkata, bahwa dirinya menjadi satu dengan Tuhan Yesus. Dia hidup adalah Kristus. Dia tinggal di dalam Tuhan, Tuhan juga tinggal di dalam dia, dia bersatu dengan Tuhan, karena itu di atas dirinya Allah bisa terekspresi. Inilah makna dalam nama Tuhan.
Setelah kita memahami makna dalam nama Tuhan, dengan sendirinya kita bisa memahami berdoa dalam nama Tuhan, yaitu menyatakan bahwa Anda yang berdoa itu adalah orang yang bersatu dengan Tuhan. Anda berdoa berarti Tuhan berdoa. Anda berdoa dalam nama Tuhan, berarti Tuhan berdoa bersama Anda. Setiap orang mungkin pernah memiliki pengalaman ketika berlutut di hadapan Tuhan, ia memiliki banyak hal untuk didoakan, meminta ini dan itu. Namun, begitu ia ingin berdoa dalam nama Tuhan, doanya segera berkurang. Jika kita berdoa tetapi Tuhan tidak berdoa, maka kita hanya bisa berdoa di luar Tuhan, dan doa yang demikian tidak dapat mengekspresikan Bapa.

No comments: