Hitstat

19 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 4 Minggu

Tuhan Memelihara dan Menjaga Kita
Yohanes 17:12
Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa...

Ayat Bacaan: Yoh. 17:12; Yos. 14:11, 14; 13:30

Ada satu perkara yang menyedihkan yaitu ada orang Kristen yang dapat percaya adanya kekuatan penyelamatan Allah, tetapi tidak dapat percaya adanya kekuatan pemeliharaan Allah. Mereka telah mendapatkan karunia penyelamatan Allah, tetapi seolah tidak mendapatkan karunia pemeliharaan Allah. Mereka tidak mengetahui bahwa yang memberi karunia adalah Allah, dan yang akan memelihara karunia itu juga adalah Allah. Sekarang kita akan melihat bagaimana kita mendapatkan pemeliharaan Allah setelah kita beroleh selamat.
Dalam Yosua 14:11, Kaleb berkata: “Pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” Kekuatan Kaleb pada waktu itu bagaimana, sampai hari ini kekuatannya tetap begitu. Ia tetap kuat, sedikit pun tidak berkurang kekuatannya. Ini tidak lain karena Allah memelihara dia.
Apakah syaratnya sehingga Kaleb dipelihara Allah? Yosua 14:14 mengatakan, “Karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.” Bagaimanakah Kaleb dengan sepenuh hati mengikuti Tuhan? Kita dapat melihatnya dalam Kitab Bilangan pasal tiga belas sampai pasal empat belas. Bilangan 13:30 mengatakan, “Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” Oh, kita pasti akan mengalahkannya! Orang yang dengan sepenuh hati mengikuti Tuhan adalah orang yang percaya bahwa janji Allah dapat diandalkan.
Kita harus ingat bahwa Allah bisa memelihara kita itu ada syaratnya. Jika kita tidak percaya kepada Allah, Allah tentu tidak akan memelihara kita. Setiap hari, ketika kita bangun pagi, berkatalah kepada Allah, “Ya, Allah, aku bersyukur kepada-Mu, kemarin Engkau telah memelihara aku, hari ini Engkau tetap memelihara. Aku tidak tahu berapa banyak pencobaan yang akan menimpaku pada hari ini, aku juga tidak tahu bagaimana aku dapat menang, aku sendiri tidak berdaya, tetapi aku percaya bahwa Engkau pasti memelihara aku.”

No comments: