Hitstat

12 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 3 Minggu

Permuliakanlah Anak-Mu
Yohanes 17:1
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.”

Ayat Bacaan: Yoh. 17:1, 14; Luk. 24:26; Ef. 3:21; 1 Tim. 3:15-16

Dasar doa Tuhan ialah kemuliaan. Yohanes 17:1 Tuhan berkata, “Bapa telah tiba saatnya; muliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu memuliakan Engkau.” Apa artinya Anak dimuliakan agar Bapa dapat dimuliakan? Bapa memuliakan Anak agar Anak dapat memuliakan Bapa. Bapa dimuliakan di dalam Putra melalui organisme pohon anggur, untuk pemkembangbiakan dan penyebaran hayat, pelipatgandaan dan reproduksi hayat dan untuk ekspresi Allah Tritunggal. Dia adalah Allah berinkarnasi dalam daging, dan daging-Nya adalah kemah bagi Allah untuk tinggal di bumi (Yoh. 1:14).
Sebelum doa ini, Tuhan menubuatkan bahwa Dia akan dimuliakan dan Bapa juga akan dimuliakan di dalam diri-Nya. Tuhan Yesus akan melewati mati agar tempurung insani-Nya bisa terpecahkan, sehinga unsur ilahi-Nya, hayat ilahi-Nya, terbebaskan. Tuhan Yesus juga akan bangkit untuk meninggikan keinsanian-Nya ke dalam unsur ilahi, supaya unsur ilahi-Nya terekspresikan, sehingga antero diri-Nya, keilahian dan keinsanian-Nya, dimuliakan. Dengan jalan demikian, Bapa juga dimuliakan di atas diri Putra.
Doa Tuhan mengenai misteri ilahi digenapi dalam tiga tahap. Pertama, digenapi pada kebangkitan-Nya. Hayat ilahi-Nya terbebaskan dari dalam insani-Nya (Luk. 24:26). Kedua, digenapi di dalam gereja. Ini dikarenakan hayat kebangkitan-Nya telah diekspresikan melalui banyak anggota Tubuh-Nya, demikian Ia dimuliakan di dalam mereka, dan Bapa dimuliakan di dalam Dia melalui gereja (Ef. 3:21; 1 Tim. 3:15-16). Ketiga, dirampungkan dalam Yerusalem Baru. Pada waktu itu Kristus akan mendapatkan ekspresi yang sempurna dalam kemuliaan.
Kemuliaan Allah adalah ekspresi Allah, Allah diekspresikan. Dalam rencana kekal Allah, kita telah ditakdirkan untuk kemuliaan ini dan dipanggil untuk itu (1 Kor. 2:7; 1 Ptr. 5:10; 1 Tes. 2:12). Hari ini kita semua sedang ditransformasi ke dalam kemuliaan ini (2 Kor. 3:18) dan akan dibawa masuk ke dalamnya (Ibr. 2:10). Akhirnya, kita akan dimuliakan bersama Kristus (Rm. 8:17, 30) untuk mengemban kemuliaan Allah bagi ekspresi-Nya dalam Yerusalem Baru, di mana Allah akan memiliki kepuasan dalam kasih dan perhentian yang puncak.

No comments: