Hitstat

23 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 4 Kamis

Dilindungi dari yang Jahat
Yohanes 17:15
Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

Ayat Bacaan: 1 Yoh. 5:19; Yoh. 12:31; 17:15; Mat. 6:13

Satu Yohanes 5:19 mengatakan bahwa seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat. Si jahat adalah Iblis dan dunia adalah suatu sistem jahat yang disusun secara sistematis dan dikuasai oleh Iblis, Satan (Yoh. 12:31). Satan telah mensistematiskan semua perkara di bumi, terutama yang berkaitan dengan umat manusia dan perkara-perkara di udara ke dalam kerajaan kegelapan untuk memiliki manusia, menjauhkan mereka dari kenikmatan atas Allah, dan merusak mereka dari penggenapan maksud tujuan Allah. Setiap aspek dunia, tak peduli apa itu, termasuk dalam sistem Iblis ini. Karena seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat, maka kaum beriman perlu dilindungi, terlepas dari si jahat (Yoh. 17:15), mereka perlu berjaga-jaga dalam doa agar mendapatkan perlindungan, terlepas dari si jahat (Mat. 6:13).
Dalam doa-doa kita, kita bukan hanya harus mohon Tuhan: “Jangan membawa kami ke dalam pencobaan” saja, tetapi juga: “Lepaskanlah kami dari yang jahat.” Yang terakhir ini adalah satu permintaan yang positif. Tidak perduli di mana tangan Satan bekerja, apakah ia bekerja pada masalah makanan sehari-hari atau menuduh nurani kita atau pada pencobaan yang diijinkan kepada kita, kita perlu berdoa supaya Tuhan melepaskan kita dari yang jahat. Dengan perkataan lain, kita tidak berharap untuk jatuh ke dalam tangan si jahat dalam perkara apapun juga. Melalui membaca Matius 8 dan 9, kita akan sadar bahwa tangan Satan ada pada lebih banyak perkara daripada yang kita duga. Dalam perkara apapun, setan keluar untuk membuat manusia celaka dan menderita. Itulah sebabnya kita harus berdoa.
Ketiga permintaan untuk diri kita sendiri menjadi doa perlindungan. Doa kita untuk makanan sehari-hari bukan hanya sekedar untuk makan, demikian pula permintaan kita untuk satu nurani yang tanpa tuduhan bukan sekedar supaya kita merasa enak (untuk perasaan), dan juga permohonan kita agar dilepaskan dari yang jahat bukan sekedar agar kita tidak celaka. Apa yang mendorong doa kita adalah agar kita dapat hidup di bumi dan mengerjakan lebih banyak pekerjaan doa, yaitu mengharapkan nama Allah dimuliakan, Kerajaan-Nya datang, dan kehendak-Nya terjadi di bumi seperti juga di sorga.

No comments: