Hitstat

13 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 3 Senin

Memberikan Kuasa atas Segala yang Hidup
Yohanes 17:2
Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.

Ayat Bacaan: Yoh. 17:2; 3:15; Mat. 28:18

Tuhan memiliki kuasa Bapa untuk mengatur semua manusia, sehingga Dia bisa memberikan hayat yang kekal kepada manusia, yakni mereka yang telah dipilih Bapa. Kita nampak bahwa keilahian dan wujud Putra adalah sama seperti Bapa. Putra ialah ilahi, tepat sama seperti Bapa. Wujud Bapa adalah wujud Putra. Yohanes 17:2 Tuhan mengatakan, “Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.” Putra memiliki kuasa Bapa atas seluruh umat manusia sehingga Ia dapat memberi hidup kekal. Bapa telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, atas seluruh umat manusia. Seluruh umat manusia di bawah kuasa Putra sebab Bapa telah mempercayakan kekuasaan kepada-Nya.
Bapa telah memberi Putra kekuasaan tidak saja untuk menguasai umat manusia, tetapi juga untuk mempertahankan umat manusia. Allah Sang Putra menggunakan kekuasaan-Nya memelihara umat manusia agar kita dapat hidup di bumi.Tuhan berkuasa memerintah seluruh manusia, agar Ia dapat memberi hidup kekal kepada semua orang yang Bapa berikan kepada-Nya. Tuhan menciptakan manusia, menggunakan kuasa-Nya atas manusia dan menebus beberapa di antara mereka dengan maksud memberi mereka hayat kekal.
Sebagai seorang yang telah diberikan kepada Putra Allah yang kekasih, kita boleh berkata, “Saya berharga, mahal, indah dan manis.” Jikalau kita nampak hal ini, pandangan, sikap dan konsepsi kita seluruhnya akan berubah, tidak saja tentang diri kita pribadi, tetapi juga tentang semua kaum saleh. Percayakah Anda bahwa semua saudara-saudari yang kekasih ialah hadiah bagi Putra? Percayakah Anda bahwa orang yang tidak Anda senangi ialah hadiah sedemikian? Kalau Anda nampak hal ini, Anda akan mengasihi setiap umat saleh, sebab setiap umat saleh yang kekasih ialah hadiah yang telah dipilih oleh Bapa dan diberikan kepada Putra. Bapa telah memilih kita dari antara bermilyar-milyar orang. Kita semua adalah kaum terpilih, kaum yang ditentukan Bapa bagi Kristus, Putra-Nya.

No comments: