Hitstat

17 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 3 Jumat

Berdoa Bagi Kaum Imani
Yohanes 17:9
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu

Ayat Bacaan: Yoh. 17: 6-24; Ibr. 7:25; Why. 22:20

Dalam Yohanes 17:6-24, Tuhan berdoa bagi kaum imani supaya dibangun menjadi satu. Keesaan ini dalam tiga tahap: dalam nama Bapa oleh hayat yang kekal (ay. 6-13); dalam Allah Tritunggal melalui pengudusan oleh firman kudus (ay. 14-21); dan dalam kemuliaan ilahi untuk ekspresi Allah Tritunggal (ay. 22-24). Untuk keesaan, haruslah ada pembangunan. Tanpa pembangunan, tiada keesaan. Janganlah mengira bahwa menumpuk bahan-bahan material ialah keesaan. Tidak, itu bukan keesaan. Lihat sebuah rumah, terdapat keesaan sejati di antara semua bahan dalam rumah, dan keesaan itu ialah pembangunan. Setiap bahan digandengkan dengan tepat sekali. Inilah keesaan.
Menurut Ibrani 7:25 Tuhan bersyafaat bagi kita. Dia berdoa untuk kita. Dia berdoa untuk setiap orang di antara kita secara pribadi dan kolektif (korporat) pada saat ini juga. Tuhan senantiasa untuk bersyafaat bagi kita. Tuhan berdoa bagi keesaan yang sejati. Tetapi lihatlah situasi hari ini! Tubuh yang esa berada di mana? Bahu takut kepada leher, sehingga ingin tetap berjarak aman dengannya. Mata juga takut kepada hidung, mengatakan, “Hai saudara hidung, engkau terlalu kuat. Aku tidak berani tinggal bersamamu.” Kebanyakan pekerja Kristen segan bersatu dengan yang lain. Situasi demikian bukan keesaan. Keesaan yang sejati ialah pembangunan. Lihatlah keesaan tubuh jasmani Anda: keesaan itu ialah masalah dibangunkan. Kita semua wajib nampak bahwa pembangunan ini yang dikehendaki Tuhan.
Jika hari ini kita terpecah, tubuh Tuhan tidak bisa terbangun. Keesaan begitu penting bagi Kristus, karunia-karunia yang telah disempurnakan, dan kaum saleh yang telah disempurnakan adalah bagi pembangunan Tubuh Kristus. Jika tidak terdapat keesaan, adalah mustahil untuk membangun Tubuh Kristus. Kristus tidak terbagi. Dia hanya memiliki satu Tubuh; karena itu, setiap orang yang berhubungan dengan pembangunan satu Tubuh Kristus harus berada di dalam keesaan. Menurut Alkitab, setiap orang yang menjadi milik Tuhan adalah anggota Tubuh Tuhan, sebab itu semuanya adalah sekerja; bersama-sama melakukan satu pekerjaan, membangun Tubuh Kristus.

No comments: