Hitstat

22 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 4 Rabu

Firman yang Beraspek Dua
Yohanes 17:14
Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia

Ayat Bacaan: Yoh. 17:14, 17; Ef. 5:26-27

Firman kudus adalah firman yang menguduskan. Tahap kedua atau kedudukan kedua kesatuan ialah pemisahan dari dunia oleh firman. Walau kita semua dilahirkan dari Bapa yang sama dan ke dalam keluarga yang sama, tetapi sangat disesalkan bahwa banyak saudara-saudari tidak di rumah, melainkan tertarik oleh hal-hal duniawi seperti pesta pora, bioskop, olahraga, dan bahkan berjudi. Setelah kita dilahirkan kembali sebagai anak Allah, kita harus dipisahkan dari dunia oleh firman kudus Tuhan. Firman Tuhan mempunyai daya pengudusan untuk memisahkan kita dari dunia. Begitu kita dipisahkan dari dunia oleh firman kudus, kita pun berkumpul bersama untuk mewujudkan kesatuan yang sejati.
Dalam Yohanes 17:14 Tuhan berkata, “Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka.” Tuhan telah memberikan kaum imani dua macam firman: logos, firman konstan (ay. 14, 17) dan rhema, firman seketika (ay. 8). Kedua macam firman ini kudus, mempunyai kuat kuasa pengudusan untuk memisahkan kaum beriman dari dunia. Semakin banyak kita menerima firman Tuhan yang tetap (konstan) dan yang seketika (instan) ke dalam kita, kita semakin dikuduskan. Semakin kita diberi makan, diresapi dan dipenuhi dengan firman Tuhan yang konstan atau instan, kita menjadi semakin kudus. Semakin kita kudus, semakin berada dalam kesatuan yang sejati.
Firman Alkitab tidak hanya bisa membersihkan perbuatan lahir kita, menghapus kecemaran yang ditimbulkan oleh perbuatan lahir kita, juga bisa menyucikan batin kita, supaya kita terlepas dari kelemahan ciptaan lama kita. Apa yang dikatakan dalam Efesus 5:26-27 adalah penyucian semacam ini; yaitu Tuhan akan memakai air hayat yang di dalam kita, melalui firman Allah, menyucikan kita, supaya kita terlepas dari cacat dan kerut ciptaan lama. Cacat dan kerut bukan kecemaran dari perbuatan lahir kita, melainkan semua kelemahan hayat ciptaan lama di dalam kita. Roh Kudus sering membuat sepatah kata atau sepotongan firman Alkitab muncul di dalam kita, untuk bekerja sama dengan hayat di dalam kita, supaya kita terlepas dari hal-hal ciptaan lama, dan bertumbuh besar di dalam ciptaan baru.

No comments: