Hitstat

10 August 2018

Markus - Minggu 9 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 4:35—5:43
Doa baca: “Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan merasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kirakira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tebing yang curam ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.” (Mrk. 5:13)


Kedatangan Yesus Mengusir Roh Jahat


Dalam Markus pasal 4 Tuhan membicarakan kerajaan dan dalam pasal 5 Ia mendatangkan kerajaan dengan mengusir setan-setan. Di antara pembicaraan tentang kerajaan dan kedatangan kerajaan, terjadi peristiwa danau berbadai. Setelah Tuhan membentak angin dan berkata kepada danau, angin itu reda dan danau menjadi teduh sekali, karena pemberontakan para malaikat jahat di udara dan roh jahat yang di dalam air telah ditaklukkan.

Karena pemberontakan telah ditundukkan, “lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa” (5:1). Begitu Tuhan Yesus tiba di daerah orang Gerasa, tersingkaplah keadaan daerah itu terhadap-Nya dan murid-murid-Nya. Di sana ada orang yang dirasuk oleh legiun setan, dan usaha penduduk negeri itu adalah beternak babi (ayat 11-14). Dengan hikmat-Nya, HambaPenyelamat membereskan dua perkara sekaligus. Ia mengusir roh jahat dari orang yang kerasukan, dan membersihkan usaha yang najis, yakni peternakan babi. Tuhan Yesus pergi ke sana dengan tujuan mengusir roh jahat dan membersihkan usaha yang najis.

Jika manusia diduduki roh jahat, mereka akan terikat dengan usaha atau industri yang najis. Mereka perlu Tuhan Yesus yang datang untuk mengusir roh jahat dan membersihkan semua kegiatan najis mereka. Markus 5:13 mengatakan, “Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan merasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tebing yang curam ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.” Yang penting di sini adalah hubungan setan-setan dengan usaha yang najis. Penyebab orang-orang yang tidak percaya hari ini terlibat dalam usaha yang najis dan berbagai hiburan yang penuh dosa adalah karena mereka berada di bawah pengaruh setan-setan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 17

No comments: