Hitstat

08 November 2018

Markus - Minggu 22 Kamis


Pembacaan Alkitab: Mrk. 14:12-26
Doa baca: “Kedua murid itu pun berangkat dan setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah.” (Mrk. 14:16)


Paskah Digantikan oleh Meja Tuhan


Setelah Tuhan Yesus menikmati pesta di Betania, Dia mengambil bagian dalam perjamuan Paskah dan kemudian mendirikan perjamuan malam-Nya dengan roti dan cawan untuk menggantikan Paskah (Mrk. 14:12-26). Tuhan menyuruh dua orang muridNya menyiapkan apa yang diperlukan untuk perjamuan Paskah. Perjamuan itu adalah perjamuan Paskah terakhir, karena mulai saat itu perjamuan Paskah digantikan oleh meja Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa zaman lama telah digantikan oleh zaman baru. Ini juga menunjukkan kematianNya, kebangkitan-Nya, Tuhan sendiri, dan perluasan-Nya yang adalah Tubuh-Nya yang akhirnya menghasilkan Kerajaan Allah.

Markus 14:12 mengatakan, “Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya, 'Ke mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan Paskah bagimu?'” Pada malam hari Paskah yang terakhir, pertama-tama Hamba-Penyelamat makan perjamuan Paskah dengan murid-murid-Nya dan mendirikan perjamuan malam-Nya bagi mereka. Kemudian Dia pergi dengan murid-murid-Nya ke Taman Getsemani di atas Bukit Zaitun. Di sana Ia ditangkap dan dibawa kepada Imam Besar, serta diadili oleh Mahkamah Agama pada larut malam. Pada waktu pagi hari dari hari yang sama, Ia diserahkan kepada Pilatus untuk diadili olehnya dan dijatuhi hukuman mati (Mrk. 15:1-15). Kemudian Dia dibawa ke Golgota dan disalibkan di sana pada jam sembilan pagi, Ia tetap berada di atas salib sampai jam tiga sore (Mrk. 15:16- 41), hal ini telah memenuhi perlambangan Paskah (Kel. 12:6-11). Catatan persiapan untuk Paskah sungguh misterius. Alkitab tidak mencatat siapa yang menyiapkan ruang atas, melengkapinya, dan membuatnya siap (Mrk. 14:15). Hal ini mungkin menunjukkan bahwa tindakan Hamba-Penyelamat mendirikan perjamuan malam-Nya adalah suatu perkara yang misterius.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 43

No comments: