Hitstat

19 November 2018

Markus - Minggu 24 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 14:43—15:15; 14:36
Doa baca: “Kata-Nya, 'Ya, Abba, ya Bapa, segala sesuatu mungkin bagi-Mu, ambilah cawan ini dari hadapan-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.'” (Mrk. 14:36)



Melakukan Kehendak Allah


Ketika Tuhan masih berada di Galilea, Dia tahu bahwa diri-Nya perlu pergi ke Yerusalem untuk dibunuh pada hari Paskah. Setelah datang ke Yerusalem, Dia mempersiapkan lingkungan, murid- murid-Nya, bahkan para penentang-Nya, mempersiapkan apa yang perlu bagi diri-Nya untuk dibunuh pada saat yang tepat. Selama hari raya Paskah yang terakhir, Tuhan Yesus memberi tahu murid-murid-Nya bahwa salah satu dari antara mereka akan mengkhianati Dia, yaitu Yudas Iskariot (Mrk. 14:18). Setelah Yudas pergi, Tuhan mendirikan perjamuan malam-Nya, kemudian Tuhan membawa murid-murid-Nya ke sebuah taman. Dia pergi ke tempat yang terbaik bagi-Nya untuk ditangkap. Ini menunjukkan bahwa Dia menyerahkan diri-Nya sendiri kepada mereka yang hendak menangkap Dia.

Di Taman Getsemani Tuhan Yesus berdoa, “Ya Abba, ya Bapa, segala sesuatu mungkin bagi-Mu, ambillah cawan ini dari hadapan-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki” (14:36). Jika kita ingin mengetahui apa kehendak Allah dalam ayat ini, kita perlu melihat Ibrani 10. Pasal ini memberi tahu kita bahwa Tuhan Yesus datang untuk melakukan kehendak Allah, yaitu secara khusus mengacu kepada penggantian dari kurban-kurban. Kehendak Allah adalah mengutus Kristus ke bumi untuk melaksanakan penggantian kurban dengan diri-Nya sendiri. Tuhan Yesus tahu bahwa Allah menghendaki Dia mati sebagai pengganti kurban. Ini adalah alasan Dia berdoa, “Tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”
Setelah berdoa di Getsemani, Tuhan Yesus siap untuk ditangkap, diuji, dihakimi dan dibunuh. Segala sesuatu dan setiap orang telah disiapkan, dan Dia telah memiliki doa yang tuntas dengan Bapa. Dengan doa sedemikian ini, Dia memiliki konfirmasi bahwa Allah menghendaki Dia mati menggantikan kurban-kurban.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 46

No comments: