Hitstat

07 November 2018

Markus - Minggu 22 Rabu


Pembacaan Alkitab: Mrk. 14:1-11
Doa baca: “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.” (Mrk. 14:9)


Digantikan oleh Sang Terkasih


Tidak diragukan lagi, perempuan yang telah mengurapi Yesus dalam Markus 14 telah dibawa ma suk ke da l am kema ti an Kristus. Di a mencurahkan miliknya yang terbaik ke atas Tuhan sebagai penggantinya yang almuhit, dan dia melakukan hal ini bagi penguburan-Nya. Ini berarti dia mengambil kematian-Nya agar dapat menikmati-Nya sepenuhnya. Ketika dia berada dalam kematian dan kebangkitan Kristus, dia dapat menikmati Dia sampai puncaknya. Di dalam dia tidak ada tempat bagi apa pun atau siapa pun selain Tuhan. Di dalam dia tidak ada tempat bagi Musa, Elia, atau Bait, dan tidak ada tempat bagi dirinya sendiri. Dia telah digantikan oleh sang Terkasih.

Baik Petrus maupun perempuan ini, keduanya mengetahui bahwa Tuhan akan dibunuh. Tetapi, pemikiran mengenai kematian Tuhan tidak melekat dalam benak Petrus. Karena perempuan ini menerima perkataan Tuhan mengenai kematianNya, dia juga merebut kesempatan untuk mengurapi Tuhan bagi penguburan-Nya. Beberapa hari kemudian dia berada di antara mereka yang masuk ke dalam kebangkitan Tuhan. Karena itu, dia adalah pelopor, orang pertama yang menikmati Kristus yang bangkit.

Dalam ayat 9 Tuhan melanjutkan, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.” Dalam ayat ini, Tuhan menyebut Injil dengan “Injil ini” (Tl.), yang mengacu kepada Injil kematian-Nya, penguburan-Nya, dan kebangkitanNya (1 Kor. 15:1-4). Kisah Injil adalah Tuhan mengasihi kita, dan kisah Maria adalah dia mengasihi Tuhan. Kita harus memberitakan keduanya, yang satu untuk keselamatan kita, dan yang lain untuk persembahan kita. Hal ini harus diberitakan bersamaan dengan pemberitaan Injil.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 42

No comments: