Hitstat

12 March 2016

1 Petrus - Minggu 1 Sabtu



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 4:17; 5:10
Doa baca: 1 Ptr. 5:10
Dan Allah, sumber segala anugerah, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.


Tulisan Petrus singkat, berisi hanya delapan pasal. Walaupun demikian, jangka waktu tulisan-tulisan Petrus sangat panjang. Sebagai contoh, dalam 1 Petrus 1:2 dia berbicara tentang pengenalan dini Allah Bapa. Kemudian dalam 1:20 dia mengatakan bahwa Kristus sudah diketahui Allah sebelum dunia dijadikan. Berdasarkan pengenalan dini-Nya, Allah memilih kita. Perihal Petrus menyebutkan pengenalan dini Allah dan Kristus yang sudah diketahui sebelum dunia dijadikan menunjukkan bahwa jangka waktu penulisannya dimulai dari kekekalan yang lampau, dari sebelum dunia dijadikan. Kemudian, sebagaimana telah kita tunjukkan, Petrus juga membicarakan langit baru dan bumi baru. Ini mengacu kepada kekekalan yang akan datang, karena pada kekekalan yang akan datang akan ada langit dan bumi yang baru. Melalui ini kita dapat melihat bahwa jangka waktu tulisan Petrus mencakup dua kekekalan; berawal dari kekekalan yang lampau sampai kekekalan yang akan datang.

Bagaimana dengan ruang lingkup Surat-surat Kiriman Petrus? Ruang lingkup Surat-surat Kiriman Petrus juga sangat luas. Ruang lingkup ministri Petrus juga luas. Ini ditunjukkan oleh dua ayat pertama dari 1 Petrus 1: "Dari Petrus, rasul Yesus Kristus. Kepada orang-orang pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya." Betapa luas ruang lingkup ayat-ayat ini dan betapa kaya isinya! Di sini ada pemilihan Bapa, pengudusan Roh itu, dan penebusan Putra. Tentu saja, dalam ayat 2 Petrus tidak menggunakan kata penebusan. Dia sengaja menggunakan ungkapan yang lain -- "percikan darah Yesus Kristus". Menggunakan kata penebusan saja sangatlah sederhana. Tetapi membicarakan percikan darah Yesus Kristus adalah menerangkan perkara penebusan, mendefinisikannya, dan menerapkannya. Percikan darah Yesus Kristus adalah penerapan penebusan; ini adalah penebusan yang dijelaskan, didefinisikan, dan diterapkan.

Kita dapat menggunakan definisi yang khusus untuk menjabarkan isi dari 1:1 dan 2. Apa yang terdapat dalam ayat-ayat ini adalah wahyu ekonomi trinitas ke-Allahan yang beroperasi pada diri orang-orang pilihan bagi partisipasi mereka dalam Allah Tritunggal. Di sini kita nampak operasi Allah Tritunggal pada diri orang-orang pilihan-Nya bagi partisipasi mereka dalam keselamatan-Nya yang sempurna. Nanti akan kita bahas definisi ini lebih rinci. Pada bagian ini, kita menyebutkan contoh ini untuk menunjukkan betapa luas ruang lingkup tulisan-tulisan Petrus.

Dalam kedua Surat Kirimannya Petrus membahas pemerintahan universal Allah. Kedua surat ini membicarakan pemerintahan universal Allah. Sebagaimana kita tahu, Injil Matius membahas kerajaan. Jangan mengira pemerintahan sama dengan kerajaan. Tidak, kerajaan adalah satu hal dan pemerintahan adalah hal lain. Suatu negara atau bangsa mempunyai suatu pemerintahan. Meskipun demikian, pemerintahan bukanlah negara; sebaliknya pemerintahan adalah pusat administrasi dari bangsa. Meskipun Injil Matius menyajikan kerajaan, pemerintahan tidak ditemukan dalam kitab itu. Pemerintahan Allah dibahas dalam tulisan-tulisan Petrus.

Pokok bahasan Surat 1 Petrus adalah kehidupan kristiani di bawah pemerintahan Allah. Pokok bahasan Surat 2 Petrus sedikit berbeda: persediaan ilahi dan pemerintahan ilahi. Dalam Surat Kirimannya yang kedua, Petrus menunjukkan bahwa Allah tidak hanya memerintah kita, mengatur kita, tetapi juga menyuplai kita dengan apa saja yang kita perlukan. Allah menyuplaikan segala hal kepada kita agar kita menempuh suatu kehidupan yang kudus, kehidupan kristiani, di bawah pemerintahan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 1

No comments: