Hitstat

28 March 2016

1 Petrus - Minggu 4 Senin



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:7
Doa baca: 1 Ptr. 1:7
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya kelak.


Dalam berita yang lalu kita membahas 1:5-6. Dari ayat 5 kita nampak bahwa kita dijaga oleh kekuatan Allah melalui iman kepada keselamatan, dan keselamatan ini siap dinyatakan pada zaman akhir. Kekuatan Allah adalah penyebab yang olehnya kita dijaga, dan iman adalah sarana yang melaluinya kekuatan Allah dengan efektif menjaga kita. Kita juga nampak bahwa keselamatan yang dibicarakan dalam ayat ini menunjukkan keselamatan sempurna Allah Tritunggal dalam tiga tahap: tahap awal, tahap kelahiran kembali; tahap pertumbuhan, tahap pengubahan; dan tahap penyempurnaan, tahap pemuliaan. Keselamatan ini siap untuk dinyatakan pada zaman akhir, pada saat kedatangan Tuhan. Menurut ayat 6, Petrus memberi tahu kita bahwa kita seharusnya bergembira pada zaman akhir, meskipun untuk sementara, jika perlu, kita harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

Dalam ayat 7 Petrus berkata tentang membuktikan iman kita "yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api." Ini berarti pembuktian iman kita lebih berharga daripada pembuktian emas. Yang diperbandingkan di sini bukan emas dengan iman. Yang diperbandingkan di sini adalah pembuktian iman kita dengan pembuktian emas. Emas dibuktikan oleh api yang memurnikan. Demikian pula, iman kita dibuktikan oleh pencobaan. Pembuktian ini tentunya lebih berharga daripada pembuktian emas.

Dalam ayat 7 ditunjukkan bahwa pembuktian iman kita "sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya kelak." Berbagai-bagai pencobaan dalam ayat 6 menimpa kita agar pembuktian iman kita bisa menghasilkan pujian, kemuliaan, dan kehormatan pada hari Tuhan menyatakan diri-Nya.

Istilah "menyatakan diri" yang digunakan Petrus dalam ayat 7 sangatlah penting. Hari ini Tuhan menyertai kita (Mat. 28:20), tetapi secara tersembunyi. Kedatangan-Nya kembali akan menjadi penyataan diri-Nya. Beberapa orang dengan keliru berpikir bahwa Tuhan Yesus tidak ada di sini hari ini. Tetapi Tuhan benar-benar ada di sini. Matius 28:20 mengatakan, "Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman." Meskipun Tuhan beserta dengan kita, Dia akan beserta dengan kita secara terselubung. Namun kadang-kadang, dalam pengalaman kita dengan Tuhan, kita tidak berselubung dengan Dia. Tetapi pada saat lain kita berselubung dengan Dia. Anda berada di balik selubung dengan Dia, atau di luar selubung?

Tidak tahukah Anda bahwa Tuhan akan datang kembali? Kedatangan Tuhan kembali akan menjadi penyataan-Nya. Ketika Dia menyatakan diri, kita yang berada di balik selubung dengan Dia juga akan menyatakan diri.

Sesungguhnya Tuhan Yesus beserta dengan kita hari ini. Tidakkah Anda percaya bahwa Tuhan beserta dengan kita? Saya harus bersaksi bahwa Tuhan berada dalam roh saya. Tetapi menurut konsepsi orang yang tidak percaya, Kristus tidak beserta kita. Bahkan kaum beriman tertentu yang fundamental dan yang menekankan aspek obyektif kebenaran mengatakan bahwa Kristus itu jauh di langit tingkat tiga di takhta di sebelah kanan Allah. Beberapa orang Kristen yang fundamental itu mungkin tidak percaya bahwa Kristus ini ada di dalam kita. Tetapi kita tahu bahwa Tuhan yang kita kasihi tidak hanya berada di surga, tetapi juga berhuni di dalam kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 6

No comments: