Hitstat

15 March 2016

1 Petrus - Minggu 2 Selasa



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:1-2
Doa Baca: 1 Ptr. 1:2
Yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya anugerah dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.


Satu Petrus 1:2 mengatakan, "Yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya anugerah dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu." Di sini disingkapkan, ekonomi ilahi melalui pekerjaan Trinitas ke-Allahan membuat kaum beriman dapat mengambil bagian dalam Allah Tritunggal. Pemilihan Allah Bapa adalah pemrakarsa; pengudusan Allah Roh menggenapkan pemilihan Allah Bapa; dan penebusan Allah Putra, yang dilambangkan dengan pemercikan darah-Nya, adalah perampungan. Melalui langkah-langkah ini, kaum beriman dipilih, dikuduskan, dan ditebus untuk menikmati Allah Tritunggal -- Bapa, Putra, dan Roh, yaitu Allah Tritunggal yang ke dalam-Nya mereka dibaptis (Mat. 28:19) dan yang sekarang sedang dinikmati kebajikan-Nya (2 Kor. 13:13).

Dalam tulisan-tulisannya, Paulus tidak memberi kita sebuah pandangan yang jelas akan keselamatan Allah yang menyeluruh seperti yang dilakukan oleh Petrus. Sebagaimana digunakan dalam Surat-surat Kiriman Petrus, kata "keselamatan" menyiratkan keselamatan yang sempurna. Dalam 1 Petrus 2:2 Petrus berkata, "Jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu menginginkan air susu yang murni dan rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan." Di satu pihak, kita telah diselamatkan; di pihak lain, kita masih perlu bertumbuh sampai kepada keselamatan. Ini berarti di sini masih ada keselamatan yang lebih lanjut yang belum kita raih. Dengan kata lain, kita kekurangan keselamatan tertentu. Kita belum memilikinya, dan kita perlu bertumbuh menuju hal itu. Kita perlu terus-menerus bertumbuh sampai kita mencapai, sampai kepada, keselamatan yang sempurna. Menurut 1:5, ini adalah "keselamatan yang telah siap untuk dinyatakan pada zaman akhir." Ketika Tuhan Yesus datang kembali, keselamatan ini akan terlaksana.

Di satu pihak, kehidupan orang Kristen adalah kehidupan yang penuh kenikmatan. Tetapi kita semua juga setuju bahwa di pihak lain, kehidupan orang Kristen adalah kehidupan yang penuh penderitaan. Tidakkah Anda mengalami penderitaan di dalam kehidupan Anda sebagai orang Kristen? Adakah orang Kristen yang dapat mengatakan bahwa dia tidak pernah mengalami penderitaan? Kadang-kadang kita bersaksi bahwa kita orang Kristen memiliki kehidupan pernikahan yang baik dan kehidupan keluarga yang bahagia. Ya, ini benar, dan ini adalah sebagian dari kesaksian kita. Ada saatnya suami, istri, dan anak-anak dengan gembira memuji Tuhan. Tetapi kita juga harus mengakui bahwa kadang-kadang kehidupan keluarga kita sama sekali tidak demikian, karena seorang saudara mungkin berbantah-bantah dengan istrinya, anak-anak mungkin sangat tidak gembira. Ini menunjukkan bahwa kita perlu Juruselamat dan bahwa kita perlu bertumbuh sampai kepada keselamatan. Tuhan tidak menyelamatkan kita dari amarah kita. Sebaliknya, pertumbuhan kita sampai kepada keselamatanlah yang akan menyelamatkan kita dari hal itu.

Ayat 2 berakhir dengan perkataan, "Kiranya anugerah dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu." Anugerah adalah Allah sebagai kenikmatan kita (Yoh. 1:17; 1 Kor. 15:10). Damai sejahtera adalah keadaan yang dihasilkan dari anugerah. Anugerah yang makin melimpah berhubungan dengan berbagai anugerah (1 Ptr. 4:10) dan segala anugerah (5:10). Kaum beriman telah menerima anugerah awal; namun anugerah ini perlu dilipatgandakan di dalam mereka, sehingga mereka dapat mengambil bagian dalam segala anugerah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 2

No comments: