Hitstat

24 March 2016

1 Petrus - Minggu 3 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:5
Doa baca: 1 Petrus 1:5
Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah melalui imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah siap untuk dinyatakan pada zaman akhir.


Dalam ayat 5 Petrus berkata, "Yaitu kamu, yang dijaga oleh kekuatan Allah melalui imanmu kepada keselamatan yang telah siap untuk dinyatakan pada zaman akhir" (Tl.). Jika kita ingin menikmati warisan surgawi kita hari ini dan berbagian dalamnya, kita perlu dijaga. Ini berarti kita perlu dijaga dalam posisi yang tepat. Kadang-kadang kita terganggu dan tergeser dari posisi yang seharusnya untuk menikmati warisan surgawi. Pada masa lalu kita semua telah mengalami, sedikitnya pada tingkat tertentu, ketika kita diselewengkan dari Tuhan karena sesuatu, kita akan kehilangan kenikmatan atas warisan hayat kekal. Karena itu, kita perlu dijaga, dilindungi.

Syukur kepada Tuhan bahwa kita dijaga oleh kekuatan Allah melalui iman. Kekuatan Allah adalah penyebab kita dijaga. Iman adalah sarana kedua yang melaluinya kekuatan Allah dengan efektif menjaga kita. Jadi, kekuatan Allah adalah pada sisi Allah, dan iman adalah pada sisi kita. Ini menunjukkan bahwa kita perlu bekerja sama dengan kekuatan Allah. Jika kita bekerja sama secara demikian, kita akan berada dalam kedudukan yang tepat untuk menikmati warisan surgawi kita.

Keselamatan yang dibicarakan dalam ayat 5 adalah keselamatan yang sempurna, keselamatan yang puncak. Secara khusus, keselamatan ini bukan keselamatan dari kebinasaan kekal, melainkan keselamatan jiwa kita dari penghukuman sezaman oleh penanggulangan pemerintahan Tuhan. Penghukuman sezaman oleh penanggulangan pemerintahan Allah diabaikan oleh kebanyakan orang Kristen hari ini. Mereka tampaknya tidak memiliki terang atau pengertian mengenai hal ini. Meskipun wahyu demikian terdapat dalam Alkitab, banyak orang Kristen tidak memilikinya dalam konsepsi mereka.

Meskipun kita sudah beroleh selamat, kita perlu bertanya kepada diri sendiri apakah kita sekarang siap berdiri di hadapan takhta penghakiman Kristus. Jika Tuhan Yesus datang kembali pada hari ini, siapkah Anda berdiri di hadapan takhta penghakiman-Nya? Dapatkah Anda berdiri di hadapan Dia dengan damai? Tidak diragukan, hati nurani Anda akan mengatakan bahwa dalam banyak hal Anda belum diselamatkan. Jika keadaan Anda demikian, terhadap diri Anda, penghakiman pada takhta penghakiman Kristus akan mendatangkan akibat yang negatif. Bagaimanapun, saya berharap kita semua akan mengalami akibat yang positif. Tetapi jika hasilnya negatif, kita akan mengalami beberapa jenis penghukuman. Ini bukan kebinasaan kekal, melainkan akan menjadi penghukuman sezaman dari penanggulangan pemerintahan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 5

No comments: