Hitstat

16 October 2008

Lukas Volume 1 - Minggu 3 Jumat

Dipersembahkan Kepada Allah
Lukas 2:21-22
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. Dan ketika genap waktu pentahiran,... mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan.

Ayat Bacaan: Luk. 2:15-39

Dalam Injil Lukas 2:15-20 tercatat bahwa gembala-gembala di padang itu pergi ke Betlehem dan “menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan” (Luk. 2:16). Kabar baik mengenai kelahiran Manusia-Penyelamat ini pertama-tama diberitakan oleh malaikat kepada gembala-gembala. Kita dapat mengatakan bahwa malaikat itu memberitakan Injil kepada mereka. Kemudian gembala-gembala itu, setelah mendengar pemberitaan malaikat dan datang melihat anak kecil itu, mulai memberitakan kepada orang lain.
Lukas 2:18 mengatakan, “Semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.” Setelah melihat Yesus, Anak itu, “Kemudian kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka” (Luk. 2:20). Kemudian Lukas 2:21 membicarakan tentang penyunatan dan pemberian nama Tuhan Yesus: “Ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.” Menurut hukum Taurat, setiap anak laki-laki harus disunat pada hari kedelapan dan diberi nama pada hari itu. Tuhan Yesus disunat dan diberi nama pada hari kedelapan.
Selanjutnya dalam Lukas 2:22-39 terdapat catatan tentang Manusia-Penyelamat ini dipersembahkan dan disembah. Di satu pihak, sebagai seorang Anak, Dia dipersembahkan kepada Allah; di pihak lain, pada saat itu juga Dia dipuja, dipuji, dan disembah oleh manusia. Dalam Lukas 2:25-35 Yesus dipuja oleh Simeon, dan dalam Lukas 2:36-39 terdapat catatan bagaimana Hana memuja Yesus, Anak itu. Pemujaan mereka terhadap Yesus adalah di dalam Roh Kudus. Menurut perkataan Simeon, Manusia-Penyelamat diwahyukan sebagai penghiburan bagi umat Israel, keselamatan Allah, terang bagi bangsa-bangsa, kemuliaan Israel, ujian bagi Israel, dan tanda pertentangan. Sedangkan Hana bersyukur kepada Allah atas Manusia-Penyelamat ini dan berbicara tentang Dia sebagai penebusan bagi umat Allah, kelepasan bagi umat Allah.

No comments: