Hitstat

06 April 2009

Lukas Volume 7 - Minggu 4 Selasa

Menampakkan Diri kepada Para Rasul dan Teman-teman Mereka
Lukas 24:36
Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!”

Ayat Bacaan: Luk. 24:36-49; 1 Kor. 15:44; Flp. 3:21; 1 Ptr. 1:3; Tit. 3:5; Rm. 8:19-23

Dalam Lukas 24:36-49 tercantum penampakan Manusia-Penyelamat kepada murid-murid dan pemberian amanat-Nya kepada mereka. Lukas 24:36-37 mengatakan, “Sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka, Damai sejahtera bagi kamu! Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.” Murid-murid, termasuk Petrus, terkejut dengan penampakan Manusia-Penyelamat ini. Mereka tidak dapat memahami bagaimana Dia tiba-tiba dapat menampakkan diri di dalam ruangan itu. Pintu telah ditutup dan tidak ada seorang pun yang membukanya. Meskipun demikian, Tuhan menampakkan diri dalam rupa tubuh jasmani.
Tuhan Yesus berkata kepada murid-murid, “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku” (ay. 38-39). Kemudian Dia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Di sini kita nampak tubuh kebangkitan Manusia-Penyelamat, yang rohani (1 Kor. 15:44) dan satu tubuh kemuliaan (Flp. 3:21). Alkitab memberitahu kita bahwa kita pun suatu hari kelak akan mengenakan tubuh kemuliaan, sebagaimana Kristus yang bangkit. Dalam tahap akhir keselamatan penuh Allah, tubuh kaum beriman akan ditransfigurasi menjadi tubuh kemuliaan.
Dalam rencana kekal-Nya, Allah pertama-tama melahirkan kita kembali di dalam roh kita dengan hayat kebangkitan-Nya (1 Ptr. 1:3). Kemudian Dia memperbarui kita, mengubah kita, dan menyerupakan kita di dalam jiwa kita melalui hayat kebangkitan-Nya ke dalam gambar Putra sulung-Nya, yaitu Kristus (Tit. 3:5; Rm. 12:2; 2 Kor. 3:18; Rm. 8:29). Tetapi, tubuh kita tidak serta merta diubah, melainkan Allah membiarkan tubuh kita ditebus secara bertahap melalui seluruh kehidupan Kristen kita (2 Kor. 4:16; Rm. 8:11, 13). Pada akhirnya, tubuh kita yang fana ini akan ditransfigurasi untuk diserupakan dengan tubuh kemuliaan Kristus pada kedatangan-Nya kembali (Flp. 3:21). Inilah pengharapan mulia seluruh anak-anak Allah dan segala makhluk (Rm. 8:19-23).

No comments: