Hitstat

30 April 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 3 Jumat

Mukjizat Yang Pertama dan Yang Terbesar
Yohanes 2:11
Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

Ayat Bacaan: Yoh. 2:10-11

Mengubah air menjadi anggur adalah mukjizat pertama yang Tuhan lakukan dalam ministri-Nya. Artinya, mukjizat ini adalah permulaan dari semua mukjizat Tuhan. Ini berarti bahwa semua perkerjaan yang Tuhan lakukan di atas diri kita selalu dimulai dari prinsip Tuhan mengubah maut kita menjadi hayat. Tuhan menghendaki kita mendapatkan Dia sebagai hayat. Inilah permulaan semua pekerjaan-Nya di atas diri kita. Sejak saat itu, Dia akan terus-menerus melakukan mukjizat pada diri kita. Tetapi dasar semua pekerjaan mukjizat-Nya adalah menghendaki kita mendapatkan hayat-Nya.
Semua pekerjaan yang Tuhan lakukan terhadap kita bukanlah satu pekerjaan yang biasa, melainkan mukjizat. Apa yang disebut mukjizat? Mukjizat adalah orang biasa tidak bisa mengerjakan, tidak bisa melakukan, hanya Allah yang bisa melakukan, hanya Tuhan yang bisa menggenapkan. Semua pekerjaan yang Tuhan Yesus lakukan di atas diri kita adalah mukjizat, sebab hanya Allah yang bisa melakukannya. Tetapi semua mukjizat yang Tuhan lakukan di atas diri kita berdasarkan pada prinsip mengubah maut menjadi hayat.
Mengubah maut menjadi hayat, tidak saja adalah mukjizat yang pertama, juga mukjizat yang terbesar, mukjizat di atas mukjizat, mukjizat yang terbesar dari semua mukjizat pada diri kita. Saudara D.L. Moody, seorang pemberita Injil besar dari Amerika Serikat, pernah berkata bahwa mukjizat Tuhan yang paling besar adalah menghidupkan orang yang mati dalam dosa. Kita sering mengira, jika ada orang yang sakit keras disembuhkan oleh Tuhan, itu adalah mukjizat yang besar. Namun orang yang telah mati dalam dosa bisa hidup kembali oleh hayat ilahi, inilah mukjizat yang terbesar.
Manusia memang jarang memikirkan bahwa dirinya telah mati dalam dosa, penuh dengan maut, bermoral rendah, tidak memiliki kekuatan untuk berbuat baik. Tetapi karena kita telah menerima hayat Tuhan, roh kita dihidupkan, kita menjadi orang yang bermoral tinggi, mampu berbuat baik, senang akan perkara-perkara terang, bahkan secara positif terus maju ke arah Tuhan. Inilah mukjizat yang terbesar. Tujuan dari mukjizat ini adalah supaya kita mendapatkan kepuasan dan sukacita, serta Allah sepenuhnya diekspresikan.

No comments: