Hitstat

13 April 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 1 Selasa

Penciptaan Melalui Firman
Yohanes 1:3
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Ayat Bacaan: Yoh. 1:3; Ibr. 1:3; Mzm. 19:2; Rm. 10:17

Tahukah Anda betapa besar dan agungnya kuasa Firman? Yohanes 1:3 mengatakan bahwa segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Tanpa Firman, mustahil ada alam semesta berikut segala isinya; sebaliknya yang ada hanyalah kehampaan. Seluruh tata surya atau galaksi, beserta sistem atau hukum yang berlaku di dalamnya, semuanya tercipta dan ditopang oleh Firman (Yoh. 1:3; Ibr. 1:3). O, betapa tak terbatasnya kuat kuasa Firman!
Alam semesta ini tidak terjadi dengan sendirinya secara kebetulan, seperti yang dikatakan oleh banyak ilmuwan Atheis. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi secara kebetulan tentulah tidak beraturan, tidak pasti, selalu berubah-ubah, dan tidak ada hukumnya. Bayangkan kalau sistem yang berlangsung di dalam tubuh kita semuanya terjadi secara kebetulan, betapa kacau balaunya tubuh kita. Bayangkan pula kalau benda-benda dalam tata surya semuanya bergerak secara kebetulan, alangkah menakutkannya tinggal di bumi ini. Namun, yang benar adalah segala sesuatu dijadikan oleh Firman, dan segala sesuatu ditopang oleh Firman-Nya yang penuh kuasa. Karenanya, alam semesta dapat tertata dengan rapi, teratur, serasi, sebagaimana yang dikatakan oleh pemazmur, “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya (Mzm. 19:2).
Di dalam pengalaman rohani kita, Firman dapat menciptakan banyak hal yang kita butuhkan. Apakah Anda kekurangan iman? Firman dapat menciptakan iman di dalam Anda (Rm. 10:17). Apakah Anda kekurangan damai sejahtera? Apakah Anda juga kekurangan sukacita dan perhentian? Mungkin di dalam Anda juga gelap, kekurangan terang, atau tidak ada kekuatan. Jangan buru-buru mencari hiburan duniawi, sebab semuanya itu mengecewakan dan sia-sia saja. Datanglah kepada Firman. Hanya Firman yang dapat memberikan semua yang Anda butuhkan itu, sebab Firman sanggup menjadikan dari yang tidak ada menjadi ada. Singkatnya, Firmanlah keperluan kita yang sesungguhnya. Asal ada Firman cukuplah, sebab segala perkara positif yang kita perlukan, semuanya telah tercakup di dalam-Nya. Puji Tuhan!

No comments: