Hitstat

14 April 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 1 Rabu

Hayat dan Terang Dalam Firman
Yohanes 1:4-5
Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Ayat Bacaan: Yoh. 1:4-5; Ef. 2:1; 5:8; Yoh. 6:63; Kis. 5:20; Mzm. 119:105, 130; 2 Kor. 4:6

Firman benar-benar adalah keperluan kita yang paling mendasar. Manusia yang telah jatuh dalam dosa memiliki dua masalah utama, yakni mati (Ef. 2:1) dan berada di dalam kegelapan (Ef. 5:8). Agama apa pun tidak dapat menolong orang yang mati dan tinggal di dalam gelap, sebab yang dibutuhkan oleh orang mati bukanlah pengajaran melainkan hayat; dan yang dibutuhkan oleh orang yang berada di dalam kegelapan bukanlah perintah jangan melakukan ini dan itu, melainkan terang. Baik hayat maupun terang, keduanya tercakup di dalam Firman (Yoh. 1:4-5). Karena itu, hanya Firman yang dapat memenuhi keperluan manusia yang berdosa.
Di dalam Alkitab, kita dapat menemukan cukup banyak ayat yang menunjukkan bahwa Firman sangat berkaitan dengan hayat dan terang. Tuhan sendiri berkata bahwa perkataan-perkataan (Firman) yang Dia katakan adalah roh dan hayat (Yoh. 6:63). Kisah Para Rasul 5:20 mengatakan, “... beritakanlah seluruh firman hayat (hidup, LAI) itu kepada orang banyak.” Selanjutnya, pemazmur mengatakan, “Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang,...” (Mzm. 199:130). Di bagian yang lain dikatakan, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mzm. 119:105). O, alangkah kayanya Firman itu, di dalamnya tidak hanya ada hayat, terlebih memancarkan terang hayat. Ketika kita menerima Firman, kitapun menerima hayat yang terkandung di dalamnya, dan mendapatkan terang hayat yang terpancar melaluinya.
Yohanes 1:5 mengatakan, “Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.” Kegelapan tidak pernah menguasai atau memadamkan terang. Sebaliknya, teranglah yang mengusir kegelapan. Tatkala terang hayat bercahaya di dalam kita, kegelapan pun tersingkir. Tatkala kita datang kepada Firman, maka Ia akan “membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang...” (2 Kor. 4:6). Segala bentuk kematian dan kegelapan rohani adalah disebabkan kekurangan Firman. Bila kita dipenuhi dengan Firman, niscaya batin kita penuh dengan hayat dan terang benderang. Kematian dan kegelapan tidak dapat mengalahkan orang yang dipenuhi dengan Firman, karena Firman mengenyahkan kematian dan kegelapan. Haleluya!

No comments: