Hitstat

29 September 2012

Efesus - Minggu 1 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Ef. 1:1-3


Kita memuji Allah, karena Allah telah memberkati kita. Karena Dia telah mengatakan kata-kata yang begitu indah terhadap kita, maka kita membalas-Nya pula dengan kata-kata indah. Sebagai contoh, ketika kita membaca tentang penebusan tubuh kita, kita harus berkata, “Ya Allah, betapa syukurku kepada-Mu, karena engkau telah masuk ke dalamku, dan engkau telah menjenuhi aku dengan diri-Mu sendiri. Pada suatu hari, jenuhan-Mu ini akan terekspresi melalui tubuhku. Itulah saat tubuhku ditebus. Ya Allah, betapa syukurku kepada-Mu atas hal ini!” Berkata demikian berarti membalas Allah dengan kata-kata indah. Jadi, Dia memberkati Anda, Anda pun memuji-muji Dia. Belajarlah mengucapkan kata-kata indah kepada Allah menurut ekonomi Perjanjian Baru-Nya. Setelah mendengar kata-kata indah Allah terhadap kita, kita pun memenuhi syarat untuk mengucapkan kata-kata indah, yakni memuji-muji-Nya.

Kita memenuhi syarat, sebab kita adalah makhluk ciptaan-Nya, umat tebusan-Nya, dan umat yang dilahirkan kembali oleh-Nya. Semua berkat, kebaikan, dan manfaat dalam alam semesta ini terbagi dalam tiga kategori. Kategori pertama adalah penciptaan Allah, kategori kedua ialah penebusan Allah, dan kategori ketiga ialah kelahiran kembali Allah. Dalam penciptaan Allah, kita menikmati banyak sekali benda yang baik dan indah, seperti udara, cahaya matahari, mineral, hayat binatang, hayat tumbuhan. Semua itu adalah barang yang baik dan indah dalam penciptaan Allah, dan kita memenuhi syarat untuk mengambil bagian atas semua itu, karena kita adalah makhluk ciptaan-Nya. Selain itu, sebagai umat tebusan, kita menikmati pengampunan dosa, pembenaran oleh iman, pendamaian dalam anugerah Allah, dan pengudusan. Karena kita telah ditebus, maka semua kebaikan dalam penebusan Allah menjadi milik kita. Selain itu, karena kita telah dilahirkan kembali, kita menikmati hayat Allah, sifat-Nya, dan pribadi-Nya. Melalui ketiga kualifikasi ini — diciptakan, ditebus, dan dilahirkan kembali — kita benar-benar memenuhi syarat untuk menikmati segala berkat dalam alam semesta ini; yakni berkatberkat Allah dalam penciptaan, penebusan, dan kelahiran kembali. Para malaikat mungkin tidak berdosa, tetapi mereka tidak bersyarat untuk menikmati semua berkat ini. Namun melalui darah Kristus, kita menikmati pengampunan dosa, pembasuhan darah, pembenaran oleh iman, dan pendamaian dengan Allah. Kita menikmati semua berkat dalam penebusan Kristus. Tidak hanya demikian, dari hari ke hari kita menikmati segala kebaikan dan manfaat dari kelahiran kembali. Kita memiliki hayat ilahi, sifat ilahi, dan Persona ilahi. Adakah yang lebih tinggi daripada ini? Hari ini kita menikmati Pencipta, Penebus, dan Bapa. Itulah aspek kedua dari katakata indah.

Aspek ketiga dari kata-kata indah ialah bahwa Allah “dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam surga.” Allah telah memberkati kita dengan kata-kata-Nya yang baik dan indah. Tiap kata-kata yang demikian adalah berkat bagi kita. Ayat 4-14 adalah suatu catatan kata-kata indah atau berkat yang sedemikian. Semua berkat ini bersifat rohani, di dalam surga, dan di dalam Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 1, Berita 2

No comments: