Hitstat

25 September 2012

Efesus - Minggu 1 Selasa


Pembacaan Alkitab: Ef. 1:17-18


Terakhir, Efesus 6 mewahyukan bahwa gereja ialah pejuang, yaitu pejuang yang korporat. Kalau pasukan tentara terdiri atas banyak prajurit, maka pejuang adalah seorang saja. Gereja adalah manusia baru, dan manusia baru ini ialah seorang pejuang. Seluruh perlengkapan senjata Allah yang tercantum dalam pasal 6 bukan untuk orang Kristen perorangan, melainkan untuk seluruh gereja, manusia baru ini. Sebagai pejuang, gereja melawan musuh Allah dan menaklukkannya.

Jika kita menggabungkan ketujuh aspek gereja tersebut di atas, kita akan nampak sebuah lukisan gereja yang sangat indah: sebagai Tubuh, gereja mengekspresikan Kristus; sebagai manusia baru, gereja menerima Kristus sebagai pribadi; sebagai kerajaan, gereja mempunyai hak dan kewajiban; sebagai keluarga, gereja memiliki hayat dan kenikmatan; sebagai tempat kediaman Allah, gereja memberi Allah tempat tinggal; sebagai mempelai perempuan, gereja memuaskan Kristus; dan sebagai pejuang, gereja berperang dan mengalahkan musuh, sehingga Allah dapat menggenapkan kehendak-Nya yang kekal. Inilah gereja.

Sekarang baiklah kita meninjau isi Kitab Efesus. Perkara pertama dalam isi kitab ini ialah berkat yang diterima oleh gereja di dalam Kristus (1:3-14). Rasul Paulus berdoa agar gereja beroleh wahyu untuk melihat semua berkat yang telah diterimanya. Berkat-berkat material seperti mobil atau rumah itu tidak perlu wahyu untuk melihatnya. Tetapi berkat yang diperoleh gereja memerlukan wahyu.

Setelah mewahyukan berkat-berkat ini kepada gereja, Rasul Paulus berdoa agar kaum beriman memiliki roh hikmat dan wahyu untuk memahami hasil dari berkatberkat ini, dan mengetahui kuat kuasa yang mendatangkan berkat ini, agar gereja dapat menjadi Tubuh Kristus, yakni kepenuhan Dia yang memenuhi semua di dalam segala sesuatu (1:15-23).

Dalam Efesus 3:1-13 kita memiliki wahyu dari rahasia dan ministri kepengurusan rumah tangga gereja. Ministri kepengurusan rumah tangga ini berkaitan dengan gereja. Maka bukan rahasia saja yang berkaitan dengan gereja, tetapi juga kepengurusan rumah tangga. Jika kita ingin memahami gereja, kita perlu mengenal wahyu rahasia dan ministri kepengurusan rumah tangga. Masalah ini akan kita bahas secara rinci bila kita tiba pada pasal 3.

Dalam pasal 4 sampai pasal 6 kita nampak kehidupan dan kewajiban gereja di dalam Roh. Jika kita mempunyai satu pandangan yang jernih atas isi Kitab Efesus, segenap Kitab Efesus akan terungkap di hadapan kita. Kita akan nampak berkat-berkat antara lain: pemilihan Allah, penentuan, keputraan, kekudusan, penebusan, pemeteraian, jaminan, dan masih banyak lagi. Kemudian kita akan nampak doa rasul untuk roh hikmat dan wahyu supaya kita mengetahui pengharapan panggilan Allah, nampak kemuliaan warisan Allah di antara kaum beriman-Nya, dan memahami kebesaran kuat kuasa yang telah tergarap dalam Kristus untuk melahirkan Tubuh. Kemudian dalam pasal 2, kita akan nampak kelahiran gereja, sifat gereja, visi gereja, pembangunan gereja, dan fungsi gereja. Dalam pasal 3 kita akan nampak wahyu rahasia dan ministri kepengurusan rumah tangga gereja. Selanjutnya kita akan nampak doa Paulus untuk penguatan manusia batiniah kita, agar Kristus dapat berumah di dalam hati kita, dan agar kita dapat dipenuhi dengan segala kepenuhan Allah. Hal ini memungkinkan kita mengalami Kristus secara riil. Sesudah itu, seperti yang diwahyukan dalam ketiga pasal terakhir, kita akan mengetahui bagaimana kita harus hidup di bumi, bagaimana kita harus menanggung kewajiban, dan bagaimana kita berperang bagi kehendak Allah. Demikianlah isi Kitab Efesus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 1, Berita 1

No comments: