Hitstat

03 January 2017

1 Yohanes - Minggu 20 Selasa



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 5:19
Doa baca: 1 Yoh. 5:19
Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.


Dalam 5:18 Yohanes mengatakan kepada kita sesuatu yang erat kaitannya dengan kehidupan kristiani kita. Dia mengatakan bahwa setiap orang yang telah dilahirkan dari Allah tidak berdosa. Kemudian ia mengatakan, siapa saja yang dilahirkan dari Allah menjaga dirinya sendiri, dan si jahat tidak dapat menyentuhnya. Di sini kita mempunyai satu pikiran yang belum diperkenalkan sebelumnya pikiran bahwa orang-orang yang dilahirkan kembali dapat menjaga diri mereka dari perbuatan dosa.

Dalam 5:18 Yohanes mengatakan bahwa si jahat tidak dapat menyentuh orang yang telah dilahirkan dari Allah dan yang menjaga dirinya sendiri. Di sini “menyentuh” berarti mencengkeram, menangkap, untuk melukai dan melaksanakan maksud yang jahat. Kata “si jahat” dalam bahasa Yunaninya tidak mengacu kepada karakter yang tidak berharga dan jahat secara hakiki, juga tidak menunjukkan keadaan yang tidak berharga dan kebobrokan, kemerosotan, dari kebajikan aslinya, melainkan mengacu kepada orang yang merusak, sangat jahat, yang mempengaruhi orang lain, memaksa mereka menjadi jahat dan ganas. Yang jahat seperti itu adalah Iblis, Satan, dan seluruh dunia berada dalam kuasanya.

Pemikiran dalam 1 Yohanes 5:18 adalah kita telah dilahirkan dari Allah dan mempunyai hayat ilahi. Kelahiran ilahi ini terjadi di dalam roh kita yang dilahirkan kembali, dan sekarang hayat ilahi ada di dalam roh kita yang dilahirkan kembali. Karena itu, kita harus dengan sederhana tinggal di dalam roh kita yang dilahirkan kembali. Kelahiran kembali dengan kelahiran ilahi dan hayat ilahi menjaga kita dari dosa, kegagalan, dan kecemaran. Bila kita tinggal di dalam roh kita yang dilahirkan kembali, Iblis tahu bahwa dia tidak bisa menyentuh kita, dan dia tidak akan mencoba untuk menyentuh kita.

Jika kita melihat seluruh surat ini, kita akan menyadari bahwa Rasul Yohanes mencoba untuk mengesankan kita dengan fakta bahwa kita telah dilahirkan dari Allah. Kita telah memiliki satu kelahiran ilahi, dan kita memiliki hayat ilahi. Satu bagian yang khusus dari diri kita roh kita telah dilahirkan kembali dengan hayat ilahi. Sekarang kita mempunyai satu pelindung: roh kita yang dilahirkan kembali dengan hayat ilahi. Asalkan kita tinggal di dalam roh kita yang dilahirkan kembali, kita berada di dalam tempat pelarian, satu tempat perlindungan dan penjagaan, dan si jahat tidak menyentuh kita.

Dalam 5:19 Yohanes mengatakan bahwa seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat. Seluruh dunia terdiri atas sistem dunia setani (2:15) dan orang-orang dunia, yaitu umat manusia yang telah jatuh (4:1). Karena seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat, berarti tinggal secara pasif dalam lingkungan pengaruh yang jahat, di bawah perampasan dan manipulasi jahatnya. Sementara kaum beriman hidup dan bergerak dengan aktif berdasarkan hayat Allah, seluruh dunia (dan khususnya manusia di dunia) tergeletak pasif di bawah tangan perampas kuasa dan penggelapan Iblis, si jahat. Kita berasal dari Allah, milik Allah, dan bersatu dengan Allah, sedangkan dunia berada di bawah kuasa si jahat dan milik Iblis. Orang-orang di dalam dunia tidak mempunyai kebebasannya sendiri. Melainkan berada di bawah penguasaan dan penyelewengan Iblis.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 2, Berita 39

No comments: